Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabai Merah Dibeli dari Petani Rp 15.000, di Pasaran Dijual Rp 40.000 Per Kg

Kompas.com - 08/07/2015, 19:35 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Harga cabai merah di pasaran saat ini mencapai Rp 40.000 per kilogram. Padahal, di tingkat petani, harganya hanya Rp 13.000 per kilogram.

"Harganya jauh. Petani berharap diberi kepastian, harganya tidak diombang-ambing," ujar Asda Bidang Perekonomian Kabupaten Sukabumi, Budiman, dalam High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Bank Indonesia, Bandung, Rabu (8/7/2015).

Budiman menjelaskan, Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu sentra produksi cabai merah. Saat ini, produksi cabai merah di kabupaten tersebut mencapai 10.000 ton per tahun. Adapun luas wilayah untuk cabai besar ialah 1.400 hektar dan cabai kecil 1.500 hektar.

"Secara produksi, kami besar, tetapi harganya selalu rendah. Karena itu, kami berupaya panen di luar musim agar bisa mengendalikan pasar," tutur Budiman.

Karena itu, ia berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa membantu agar petani cabai bisa menanam di luar musim. Sebab, jika mengandalkan kondisi seperti sekarang, penghasilannya minim.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan, jika ada TPID, mengapa tidak segera operasi pasar. Kondisi seperti ini memperlihatkan resi gudang tidak berfungsi.

"Ini memperlihatkan spekulan bekerja. Kasihan petani, mereka menanam lama, tetapi untungnya sedikit. Yang untung spekulan dan pedagang," ucapnya dengan nada sedikit meninggi.

Deddy mengungkapkan, resi gudang di Jawa Barat baru 12 unit. Jika memang dibutuhkan, ia meminta kepada kota/kabupaten untuk segera mengajukan ke provinsi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Rosmaya Hadi mengungkapkan, dibutuhkan tindakan konkret dalam menyelesaikan persoalan ini, seperti menyiapkan resi gudang yang dilengkapi cold storage sehingga umur cabai merah lebih panjang.

Cara lainnya adalah Bulog membeli cabai merah agar harga tidak menjadi jatuh. Dari data Bank Indonesia, cabai merah menjadi penyumbang inflasi sebesar 0,07 (mtm) atau 0,09 (yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com