Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Pendaki yang Hilang, Tim dari Bandung Berangkat ke Nepal Siang Ini

Kompas.com - 29/04/2015, 13:27 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejak dilaporkan hilang kontak saat melakukan pendakian ke puncak Everest, Nepal, Sabtu (25/4/2012) lalu, hingga hari ini tiga pendaki dari Taruna Hiking Club (THC) Bandung, belum diketahui kabarnya.

Tiga pendaki itu yakni, Jeroen Hehuwat (39), Kadek Andana (27), dan Alma Parahita (32). Untuk mencari ketiga pendaki itu, THC mengirimkan tiga orang pendakinya untuk mencari keberadaan ketiga rekan mereka yang hilang.

Ketua THC Grahito Handaru mengatakan, tim assessment tersebut diberangkatkan hari ini, Rabu (29/4/2015) menuju Nepal. "Dua orang dari anggota THC, yakni, Gyaista Sampurno dan Victor Tumaang. Satu orang lagi, anggota Wanadri bernama Adijana Gustiansyah alias Agung," kata Grahito saat ditemui di posko informasi, sekaligus kediaman Kadek di Jalan Bukit Dago Utara II No. 20x, Bandung.

Gyaista dan Victor akan berangkat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menggunakan penerbangan komersial, sekitar pukul 14.00 WIB siang ini. Sementara Agung akan berangkat pukul 16.00 WIB bersama tim dari Kementerian Luar Negeri dari Jakarta. "Tim akan melakukan pencarian di sana, tim yang dikirim ke sana sudah terlatih," kata Grahito.

Grahito mengatakan, tim akan melakukan upaya-upaya untuk menemukan tiga pendaki tersebut. Di sana, tim akan membuka jalur komunikasi untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, dan berada lebih dekat dengan lokasi kejadian di Nepal.

"Dalam langkah pencarian ini, tim akan menelusuri jejak yang dilalui oleh tiga pendaki yang sampai saat ini belum diketahui kabarnya," kata dia.

Grahito menambahkan, berbagai perlengkapan dibawa tiga tim pencari. "Perbekalan dan perlengkapan sudah lengkap," kata dia.

Selain itu, juga akan dikirimkan tim tambahan jika memang diperlukan. "Jika perlu, kita akan kirimkan tim lagi dari sini, tim akan dikirim bertahap," tutur dia.

Grahito menambahkan, THC juga melakukan kerjasama dengan Pemkot Bandung dalam hal pencarian ini. Hal ini ditandai dengan pertemuan antara THC dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Selasa (28/4/2015) malam. "Dari Pemkot akan membantu juga, dari Pemkot yang diberangkatkan ada dua orang. Jadi, jumlahnya lima orang ditambah tim yang dikirimkan oleh kami," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com