Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zainal Abidin Bakal Dikubur di TPU Karang Suci Cilacap

Kompas.com - 29/04/2015, 03:22 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Jaksa eksekutor telah memesan satu makam untuk terpidana mati kasus narkoba, Zainal Abidin, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karang Suci, Cilacap, Jawa Tengah. TPU Karang Suci berada di dekat Pantai Segera Anakan. Makam tersebut berukuran 1 meter x 2 meter dan berkedalaman satu meter.

Seorang petugas kebersihan, Mardiono, mengaku bahwa ia telah menggali liang setelah ada permintaan jaksa eksekutor yang mendatanginya, Senin (27/4/2015) kemarin. Pengerjaan itu memakan waktu sekitar tiga jam.

"Tidak lama mengerjakannya, langsung selesai dan dipantau petugas kejaksaan," katanya.

Ketika datang, jaksa hanya mengatakan jenazah dibawa ke TPU, Rabu (29/4/2015) dini hari 

Di antara delapan terpidana mati, hanya dua yang memeluk agama Islam, yakni Martin Anderson dan Zainal Abidin‎. Martin dalam pesanya meminta dikuburkan di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Dengan demikian, makam tersebut dipesan untuk almarhum Zainal Abidin. Hal ini pun dikonfirmasi oleh kuasa hukum Zainal, Ade Yuliawan. Ia memastikan, kliennya bakal dikuburkan di Cilacap.

"Sebenarnya keinginan keluarga dikuburkan di Palembang, hanya saja jaraknya jauh. Jadi tidak memungkinkan. Selain itu, dalam ajaran agama Islam, Jenazah mesti segera dimakamkan. Jadi diputuskan di kubur di Cilacap saja," ujar Ade. (Taufik Ismail)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com