Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Bagi-bagi Bunga di Hari Ibu Digelar di Alun-alun Kediri

Kompas.com - 22/12/2014, 11:06 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Generasi muda dari Dewan Perwakilan Anak (DPA) di Kediri, Jawa Timur, memanfaatkan Hari Ibu yang diperingati secara nasional setiap tanggal 22 Desember sebagai momentum untuk mengajak anak-anak lebih menghargai dan menghormati ibu.

Mereka memperingati Hari Ibu dengan membagikan bunga kepada pengguna jalan yang berhenti di simpang empat Alun-alun Kota Kediri, Senin (22/12/2014). Selain membagikan bunga kepada teman sebayanya, mereka juga membagikannya kepada ibu-ibu.

Koordinator aksi, Laili, mengatakan, peranan ibu sentral dalam hampir segala lini kehidupan. Dia membeberkan bagaimana perjuangan seorang ibu mencurahkan kasih sayangnya kepada anak-anaknya. Sehingga, menurut dia, tak ada yang dapat menggantikan perlakuan ibu tersebut hingga waktu kapan pun.

"Bayangkan betapa mulianya ibu dengan tugas-tugasnya itu. Jadi, takkan dapat tergantikan," kata Laili saat ditemui di sela-sela aksi.

Oleh sebab itu, kata dia, sudah menjadi kewajiban seorang anak agar senantiasa menghormati ibunya. Cara menghormati itu tidak melulu dengan cara-cara yang besar, tapi bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti membantu meringankan tugas hariannya atau dengan tidak menyakiti perasaannya.

Karminah (55), seorang ibu yang melintas, menyatakan apresiasinya terhadap aksi tersebut. Menurut dia, seorang ibu tidak pernah mengharapkan imbal balik dalam menjalankan tugasnya dan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Aksi tersebut berlangsung sekitar satu jam dengan jumlah bunga mencapai 500 tangkai. Aksi tersebut juga mendapat pengamanan dari aparat Kepolisian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com