Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat TNI dan Polisi Gelar Kerja Bakti Bersama

Kompas.com - 21/11/2014, 11:14 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Di tengah kabar mengenaskan tentang bentrokan antara aparat TNI dan Polisi di Batam, ternyata di Kendal ada kegiatan yang menyatukan keduanya. TNI dan Polisi, saling bahu membahu menggelar kerja bakti dan penanaman pohon bersama di wilayah Kaliwungu Selatan.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh masyarakat dan pegawai kecamatan setempat, serta siswa SMA 1 Kaliwungu, dan mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Semarang, serta Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes).

Acara ini digelar dalam rangka mewujudkan slogan, "Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat".

Menurut Danramil Kaliwungu, Kapten Infantri Suaryanto, wilayah Kabupaten Kendal sangat kondusif. Untuk itu TNI bersama Polisi, dan masyarakat, akan terus menjaga situasi aman dan damai tersebut. Di antaranya, dengan menggelar kegiatan bersama.

“Tadi sebelum kerja bakti dan tanam pohon bersama, kami melakukan senam pagi bersama. Tempatnya, di halaman SMAN 1 Kaliwungu,” kata Suaryanto, Jumat (21/11/2014).

Suaryanto mengaku tidak kuatir dengan kejadian yang ada di Batam. Sebab, peristiwa itu dilakukan oleh "oknum". TNI dan Polri, aku Suaryanto, pada dasarnya tidak mempunyai masalah. “Di Kendal, TNI dan Polisi selalu mengadakan kegiatan bersama. Baik itu siskamling bersama, kerja bakti bersama, maupun dalam melakukan pertolongan masyarakat, seperti kerja bakti membuat rumah bagi masyarakat yang tidak mampu,” tambahnya.

Hal yang sama juga diakui oleh Kepala polsek Kaliwungu Kendal, AKP Ujang Syamsudin. Menurut Ujang, antara TNI dan Polisi sebenarnya tidak ada masalah. Apalagi yang ada di Kabupaten Kendal. Sebab, di Kendal komunikasi berjalan lancar.

“Kejadian di Batam itu, dimungkinkan karena kurangnya komunikasi. Sehingga hanya gara-gara lirikan, bisa berantem. Mereka itu oknum. Sebab jiwa TNI dan Polisi tidak seperti itu,” kata Ujang lagi.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kaliwungu Kendal, Puji Astuti, mengaku senang murid-muridnya bisa berkesempatan mengikuti kegiatan ini. Sebab, kegiatan tersebut dirasa sangat positif dan bisa dijadikan contoh oleh siswa. “Kebersamaan, gotong royong adalah sifat orang Indonesia. Ini yang kami tanamkan pada siswa,” kata Puji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com