Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Asal Arab Saudi Dipaksa Mendarat di Kupang

Kompas.com - 03/11/2014, 20:37 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Pesawat jet jenis Gulf Stream HZ-103 milik Saudi Arabian Airlines dipaksa mendarat di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), oleh dua pesawat tempur TNI AU jenis Sukhoi SU-27/30MKI Flankers.

Pesawat asal Arab Saudi yang memuat 13 orang (7 penumpang, 2 pilot, 2 kopilot, dan 2 pramugari) ini melintasi wilayah udara Indonesia di bagian selatan Kupang tanpa izin sehingga dikejar Sukhoi dan dipaksa mendarat.

Komandan Operasi TNI AURI Pangkalan TNI AU Eltari Kupang, Andi Wijaya, kepada Kompas.com, Senin (3/11/2014), mengatakan, pesawat dan penumpangnya masih ditahan dan sedang diinterogasi dari pukul 14.47 Wita.

“Pesawat ini dipaksa turun oleh dua pesawat Sukhoi jenis SU30 dari Makassar yang melakukan pengejaran pesawat asal Arab Saudi itu. Tujuh orang penumpang pesawat tersebut diketahui berasal dari Pemerintah Arab Saudi,” beber Andi.

Menurut Andi, pesawat tersebut dipaksa turun karena melintasi wilayah Indonesia tanpa izin pihak otoritas. Pesawat HZ 103 sempat dua hari berada di Singapura sebelum melakukan penerbangan menuju Australia. Belum diketahui pasti misi pesawat tersebut pergi ke Australia.

"Kita masih lakukan interogasi,” pungkasnya.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com