Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan: Banyak Masalah, tetapi Ada Harapan dari Bu Susi

Kompas.com - 27/10/2014, 16:34 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Para nelayan Yogyakarta menyambut gembira dipilihnya Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan. Pasalnya, masuknya Susi dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla dinilai dapat memenuhi harapan para nelayan, yakni meningkatkan pendapatan.

"Susi Pudjiastuti adalah pelaku usaha dalam bidang perikanan dan kelautan. Pengalamannya di bidang perikanan cukup mumpuni," ujar Nugroho, salah satu nelayan Pantai Depok, Senin (27/10/2014).

Nugroho mengungkapkan, potensi perikanan dan kelautan Indonesia sangat besar. Namun, hal itu belum tergarap dengan maksimal sehingga hasilnya belum dirasakan secara maksimal oleh para petani ikan dan nelayan.

Selama ini, hasil produksi sektor perikanan, tambak, dan laut dikuasai oleh tengkulak sehingga harga ikan tidak menguntungkan petani dan nelayan. Harga selalu dimainkan oleh tengkulak.

Selain harga, permasalahan nelayan adalah kondisi laut. Gelombang pasang dan angin kencang sering menjadi faktor nelayan gagal melaut. Kalaupun nekat, hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Menurut dia, permasalahan-permasalahan itu yang harus diselesaikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI ke depan demi kesejahteraan hidup petani ikan dan nelayan.

"Saat ini dipegang Ibu Susi, ada harapan nelayan dan petani ikan mendapatkan hasil yang baik," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com