ISIS Sediakan Istri bagi Bujang yang Hijrah ke Irak

Kompas.com - 14/08/2014, 12:09 WIB
Selain di Irak utara, militan ISIS juga menguasai lebih banyak kota dan desa di Suriah utara ReutersSelain di Irak utara, militan ISIS juga menguasai lebih banyak kota dan desa di Suriah utara
EditorGlori K. Wadrianto
SEMARANG, KOMPAS.com — Kelompok Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) tengah mendunia. Tidak sedikit warga negara Indonesia yang berbaiat kepada organisasi pimpinan Abu Bakr Al Baghdadi tersebut. Satu di antaranya adalah Rian, bukan nama sebenarnya.

Ditemui pekan lalu di Jalan Magelang, Yogyakarta, ayah satu anak tersebut mengaku siap berhijrah ke Irak atau Suriah. Bahkan, jika memiliki akses dan dana, ia akan membawa anak, serta istrinya yang saat ini tengah hamil anak kedua.

Cerita tentang ISIS sudah diketahuinya sejak organisasi tersebut masih bernama Islamic State of Iraq (ISI).

Menurut Rian, ia mendapat beragam informasi dari internet tentang ISI yang bermetamorfosis menjadi ISIS hingga menjadi Islamic State (IS) atau Daulah Islamiyah.

Rian mengungkapkan, dia memiliki rekaman video tentang IS yang tidak dipunyai sebagian besar orang. Menurut dia, video yang menunjukkan sisi positif IS tidak pernah terpublikasikan.

"Media sepertinya memang sengaja mendesain agar hanya sisi negatif Daulah saja yang berkembang. Begitu ada berita positif tentang Daulah Islamiyah, tidak berapa lama kemudian, langsung diblokir," ujar pria asal Brebes yang kini tinggal di Sleman, DIY, ini.

Berdasarkan informasi yang ia terima, IS tidaklah "sekejam" yang diberitakan. IS justru menjadikan wilayah yang dikuasainya semakin kondusif pascaperang. Berdasarkan informasi itulah, Rian dan keluarga siap hijrah ke wilayah yang telah dikuasai IS.

Daulah Islamiyah pimpinan Abu Bakr Al Baghdadi, menurut Rian, banyak berbuat hal positif. Dalam video yang disaksikannya, IS membuat anak-anak kembali tertawa, menjaga tempat ibadah umat agama lain, dan lain sebagainya.

"Bagi yang bersedia hijrah, disediakan apartemen sebagai tempat tinggal. Yang belum menikah akan disiapkan wanita agar ia segera beristri," kata dia.

Ditanya tentang kabar "pengusiran" terhadap umat yang tidak seagama dengan IS, menurut Rian, itu terlalu dibesar-besarkan.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X