Tradisi "Meugang" di Aceh Bikin Harga Daging Melonjak

Kompas.com - 26/06/2014, 13:22 WIB
Pedagang daging di Pasar Tradisional Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. KOMPAS TV/ RAJA UMARPedagang daging di Pasar Tradisional Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.
|
EditorGlori K. Wadrianto
ACEH BARAT, KOMPAS.com — Memasuki hari meugang pertama, harga daging di Pasar Tradisional Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, naik hingga mencapai Rp 140.000 per kilogram. Biasanya, harga per kilogram berkisar Rp 90.000-100.000.

“Tadi pagi harga daging ada yang jual Rp 130.000, tapi sekarang sudah naik menjadi Rp 140.000,” kata Sapri, seorang pedagang daging di Meulaboh, Kamis (26/6/2014) siang.

Menurut Sapri, kenaikan drastis harga daging di Aceh pada hari meugang memang terjadi setiap tahun. Meugang sendiri adalah bagian dari penyambutan bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Saat hari meugang, sudah menjadi keharusan bagi warga Aceh untuk membeli daging.

“Sudah menjadi tradisi sejak dulu, semua orang beli daging saat meugang, tak terkecuali, keluarga kurang mampu juga tetap beli daging walau sedikit, pokoknya hari meugang harus makan daging bersama keluarga,” kata Supri

Kenaikan harga daging diperkirakan akan terus terjadi hingga besok atau satu hari menjelang datangnya Ramadhan. Sebagian masyarakat sudah merayakan tradisi hari meugang sejak hari ini. ”Seperti belum sempurna sebelum makan daging meugang bersama keluarga saat menyambut bulan puasa," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X