Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia, Polisi Temukan Petasan Modifikasi seperti Knalpot "Brong"

Kompas.com - 26/06/2014, 11:24 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Kepolisian Resort (Polres) Jember, Jawa Timur, menggelar razia menyusul imbauan kepada masyarakat agar tidak menyalakan petasan. Dalam operasi ini, malah ditemukan petasan jenis baru.

“Semalam saat kami melakukan operasi, ternyata kami temukan petasan baru hasil modifikasi, yang modelnya seperti knalpot brong,” ungkap Kepala Polres Jember, AKBP Awang Joko Rumitro, Kamis (26/6/2014).

Jika dilihat sepintas, petasan yang disita Polres Jember, bentuknya mirip knalpot brong. Petasan modifikasi tersebut, terbuat dari beberapa kaleng bekas yang disambung sehingga bentuknya memanjang.

Untuk membunyikan petasan “brong” tersebut, menggunakan bahan bakar spiritus, yang disemprotkan menggunakan botol bekas parfum ke dalam kaleng, kemudian dinyalakan dengan sebuah pemicu menggunakan magnet yang biasa digunakan di korek api.

“Bunyi petasan ini cukup keras juga, dan cukup mengganggu aktivitas warga. Apalagi ini menjelang Ramadhan, banyak warga yang akan menjalankan ibadah. Tadi malam dan tadi pagi, kita sita petasan tersebut di dua wilayah yakni di Kecamatan Patrang dan Sumbersari. Total ada lima belas barang bukti yang kami amankan,” ungkapnya.

Awang mengaku sudah memerintahkan kepada seluruh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di Wilayah Jember, untuk menyita petasan jenis terbaru tersebut.

“Saya sudah perintahkan kepada seluruh kapolsek jajaran, untuk melakukan penyitaan dan memberikan sanksi tindak pidana ringan (tipiring),” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com