Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Sejarah Maluku, Sangat Membanggakan Bangsa Indonesia

Kompas.com - 14/06/2014, 21:58 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON,KOMPAS.com - Calon wakil presiden Jusuf Kalla mengungkapkan, sejarah Maluku adalah sejarah yang paling membanggakan bangsa ini. hal itu diungkapkannnya saat berkampanye di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (14/6/2014).

“Kita semua sangat bangga kepada Maluku sebagaimana saya telah sampaikan, sejarah Maluku adalah sejarah yang sangat membanggakan bangsa ini,” kata Kalla disambut sorak sorai ribuan masa pendukungnya.

Ia mengatakan, zaman dulu orang-orang Eropa datang ke Indonesia untuk mencari wilayah yang bernama Maluku. Kedatangan mereka kata JK sapaan akrab Jusuf Kalla untuk mencari rempah-rempah di tanah Maluku yang berlimpah ruah.

“Orang-orang Eropa datang ke Indonesia bukan untuk mencari Jawa, bukan mencari Sulawesi dan Sumatera tapi mereka mencari Maluku, karena Maluku adalah sumber kekayaan pada waktu itu Maluku adalah harapan mereka dan tentu harapan kita pada hari ini dan masa datang,” ucap JK.

Dalam kampanye tersebut, JK juga berpesan kepada seluruh warga Maluku agar tetap menjaga perdamaian yang telah dibangun selama ini. Selain dihadiri tim sukses pasangan Jokowi-JK di Maluku kampanye tersebut juga dihadiri berbagai relawan pemenangan Jokowi-Jk serta Majelis Latupati Maluku (pemangku adat) yang saat itu juga memberikan dukungannya kepada pasangan ini.

Meski diguyur hujan, namun ribuan pendukung pasangan nomor urut 2 ini tetap bersemangat untuk mendengarkan kampanye dan orasi politik JK. Kampanye JK di Ambon ini dijaga ketat ratusan personil aparat kepolisian dan brimob Polda Maluku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com