Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Siswa Lulus UN, Paranormal Ini Sediakan Air Putih

Kompas.com - 14/04/2014, 10:03 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com -- Belasan botol air mineral berderet di atas meja ruang tamu Sumangat (52), paranormal warga Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Sementara di teras rumah terlihat beberapa orang duduk.

Menurut Susiati (40), Minggu (13/4/2014), warga Kecamatan Wongsorejo mengantre meminta air minum kepada sang paranormal agar anak mereka tenang menghadapi Ujian Nasional (UN). 

"Minta doanya sama Pak Haji biar anak saya bisa menyelesaikan UN-nya dengan lancar. Mulai dua minggu sebelum ujian dia terlihat gelisah. Jadi, ya saya carikan syarat di sini," kata Susiati.

Selain itu, Susiati juga berharap ada keajaiban agar nilai anaknya juga baik. "Selama ini nilai-nilai pelajarannya jelek. Saya mau melakukan apa saja yang penting anaknya lulus," tambahnya.

Sementara itu, Sumangat, yang ditemui Senin (14/4/2014) mengaku, sebulan terakhir ini dia  banyak dikunjungi oleh wali murid untuk mendoakan anaknya agar lancar mengerjakan ujian.

"Biar lulus juga. Malah ada yang bawa pensil minta didoakan juga. Kalau saya menggunakan media air putih. Jadi mereka bawa air minum satu botol dan saya doakan. Nanti airnya diminum sedikit-sedikit dan diusapkan airnya ke wajah saat ujian dimulai," jelasnya.

Sumangat mengaku ada lebih dari 150 orang yang datang menemui dia. "Kalau totalnya berapa saya enggak menghitung. Saya juga enggak narget biayanya berapa. Terserah mereka mau kasih berapa, saya terima," tambahnya.

Ia juga mengatakan, pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak orang yang datang ke tempatnya kemudian lulus ujian. "Insya Allah lulus," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com