Banjir Landa 108 Desa di Karawang

Kompas.com - 20/01/2014, 06:09 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Meluapnya sejumlah sungai besar di Karawang, Jawa Barat, setelah hujan deras mengguyur beberapa hari terakhir menyebabkan puluhan ribu rumah yang tersebar di 108 desa terendam banjir.

"Sebanyak 108 desa yang dilanda banjir itu berada di 25 kecamatan," kata Supriatna, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang, Minggu (19/1/2014).

Dari data sementara Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana setempat, banjir telah merendam sejumlah titik ruas jalan raya, 52 masjid, 11 sekolah, 35.092 rumah, serta 8.282 hektare areal persawahan.

Menurut dia, Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang telah menyalurkan bantuan logistik kepada para korban banjir. Namun, bantuan logistik masih banyak diperlukan menyusul semakin banyaknya warga yang rumahnya tergenang.


Secara umum, banjir di Karawang terjadi akibat meluapnya sejumlah sungai besar yang ada di Karawang, seperti Sungai Citarum, Cibeet, dan Sungai Cilamaya.

Sungai-sungai itu tidak mampu menampung tingginya air sungai, sampai akhirnya air itu mengalir ke permukiman warga, jalan raya, infrastruktur, dan sarana publik.

Akibat kejadian itu, warga mengungsi ke tempat yang lebih aman dari banjir, seperti masjid, tenda-tenda pengungsian, pinggir jalan, dan lain-lain.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X