Tak Ada TMP, Siswa Ziarah Pahlawan di TPU

Kompas.com - 11/11/2013, 14:39 WIB
Belasan murid TK Tun Sri Lanang, menabur bunga di pusara kolonel Husein Jusuf yang terdapat pada TPU Desa Geulumpang payong. (DESI) Kompas.Com/DESI SAFNITA SAIFANBelasan murid TK Tun Sri Lanang, menabur bunga di pusara kolonel Husein Jusuf yang terdapat pada TPU Desa Geulumpang payong. (DESI)

BIREUEN, KOMPAS.com — Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, puluhan siswa TK Tun Sri Lanang, berziarah dan menabur bunga di makam Kolonel Husein Jusuf, pejuang di masa Kemerdekaan RI, Senin (11/11/2013).

Namun ziarah itu tidak dilakukan di taman makam pahlawan karena Husein Jusuf dimakamkan di taman pemakaman umum. Makam Kolonel Husein yang berdampingan dengan makam istrinya terlihat tidak terawat. Beberapa pohon besar menaungi makam tersebut.

Rosmaity Suryani, guru pendamping para siswa, mengatakan peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum tepat memperkenalkan anak didik tentang siapa dan peran sosok pahlawan dalam merebut Kemerdekaan RI.

“Secara sederhana kita memberitahukan pada anak didik siapa itu pahlawan dan bagaimana cara menghargai jasa-jasa mereka yang sudah tiada, salah satunya melalui ziarah makam,” sebut Rosmaity.

Dia menambahkan ketiadaan taman makam pahlawan (TMP) di Bireuen membuat pihak sekolah mengalihkan ke TPU yang memiliki makam seorang pahlawan asal Bireuen yang berjasa dalam mempertahankan kedaulatan RI.

Selain berdoa bersama, puluhan murid TK tersebut melakukan tabur bunga di pusara Kolonel Husein Yusuf secara bergantian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X