Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25.949 Orang Sudah Tinggalkan Jakarta

Kompas.com - 04/08/2013, 11:14 WIB
Ratih Winanti Rahayu

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak H-10 hingga H-5 Lebaran, sekitar 25.949 orang telah meninggalkan Jakarta. Mayoritas dari mereka adalah para pemudik yang akan pergi ke kampung halamannya masing-masing.

Berdasarkan Data Angkutan Lebaran yang dikeluarkan Terminal Angkutan Kota Kampung Rambutan tahun 2013, total penumpang yang diberangkatkan sejak H-10 hingga H-5 lebaran mengalami kenaikan yang signifikan. Pada H-10 lebaran (29/7/2013), Terminal Kampung Rambutan memberangkatkan 973 penumpang.

Angka tersebut meningkat pada H-5 (3/8/2013) sekitar 15.620 penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan.

Selain itu, total bus yang diberangkatkan dari Terminal Angkutan Kota Kampung Rambutan sekitar 3.090 bus. Bus-bus tersebut terbagi menjadi tiga shift, yaitu pagi, siang, dan malam.

Menjelang Lebaran, Jakarta ditinggalkan penghuninya. Sebagian dari mereka kembali ke kampung halamannya untuk merayakan hari Raya Idul Fitri. Terminal Angkutan Kota Kampung Rambutan menjadi salah satu terminal yang sibuk pada saat menjelang Lebaran. Mayoritas penumpang dengan tujuan sekitar pulau Jawa menumpang bus melalui Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com