Salin Artikel

Airin dan Mantan Bupati Pandeglang Daftar Jadi Bacagub Banten lewat PDI-P

Keduanya mengambil formulir diwakilkan oleh tim pemenangannya masing-masing pada Kamis (25/4/2024) di kantor DPD PDI-P Banten di jalan Lingkar Selatan, Kota Serang.

Tim Liasion Officer (LO) Dimyati Natakusumah, Dadan Setiawan, mengatakan, anggota DPR RI itu serius untuk maju pada kontestasi Pilkada Banten 2024. 

Bahkan, Dadan menyebut pihaknya mengaku sudah membentuk tim pemenangan di masing-masing daerah di tanah para jawara untuk memenangkan  Dimyati.

"Beliau dalam perhalatan Pilgub ini sangat serius dan sudah membentuk tim di setiap daerah," kata Dadan kepada wartawan.

Dadan mengatakan, rencananya, suami dari Bupati Pandeglang Irna Narulita ini akan menjalin komunikasi dan mendaftar ke partai politik lainnya. 

Sejauh ini, Dimyati baru mengikuti penjaringan di partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri ini. 

Tak berselang lama, tim dari pegiat budaya Banten, Ratu Ageng Rekawati, juga menyambangi kantor DPD PDI-P Banten untuk mengambil formulir pendaftaran. 

"Tadi langsung dikasih formulir dan dijelaskan poin-poin (syarat) apa saja yang harus dilengkapi," kata Juru Bicara Ratu Ageng Rekawati, Lazarus Sandy. 

Dikatakan Sandy, Rekawati baru mengambil formulir dan mengikuti penjaringan di PDI-P saja. 

Namun, Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) itu sudah menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya seperti PKB, PAN, dan Demokrat untuk ikut penjaringan. 

"Sebagai tokoh non parpol, Ratu Ageng Rekawati berkeinginan untuk mengambil formulir ke semua partai," ujar Sandy. 

Sejauh ini, lanjut Sandy, Rekawati berharap ada parpol yang meminangnya dan menjadikan menjadi bakal calon gubernur maupun bakal calon wakil gubernur Banten. 

"Tentu saya optimis, Bunda (Rekawati) punya tiket, dan ikut pada kontestasi Pilgub Banten," kata dia. 

Persiapan pahitnya, kata Sandy, Rekawati maju pada Pilkada Banten melalui jalur pencalonan independen atau perseorangan. 

Tim Rekawati sudah merencanakan bersilaturahmi dan konsultasi dengan KPU Provinsi Banten dalam rangka pencalonan independen yang akan dibuka 5 Mei 2024 nanti. 

"Kalau untuk prepare independen sudah dilakukan jauh-jauh hari. Jadi kebetulan persiapan KTP, pengumpulan KTP dan lain sudah dilakukan mungkin dari beberapa tahun sebelumnya," ucap Sandy.

Formulir pendaftaran itu diambil di kantor DPD PDI-P Banten pada Selasa (23/4/2024).

Sementara, Sekretaris DPD PDI-P Banten Asep Rahmatullah, mengatakan, sejak dibuka pada 22 April 2024, sudah ada empat orang yang mengambil formulir pendaftaran di PDI-P.

Keempatnya yakni mantan matna Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, mantan Bupati Pandeglang Achmad Dimyati Natakusumah, Ketua ICMI Orwil Banten Laksamana TNI (Purn) Eden Gunawan, dan pegiat budaya Ratu Ageng Rekawati.

"PDI Perjuangan seluas luasnya menjaring tokoh internal, tokoh eksternal yang punya keinginan maju menjadi gubernur dan wakil gubernur, " kata Asep kepada wartawan di kantornya. Kamis.

Dijelaskan Asep, pendaftaran penjaringan akan dibuka hingga 30 April 2024.

Sedangkan, nama-nama kader PDI-P yang berpotensi maju seperti anggota DPR-RI Rano Karno dan Ketua DPD PDI-P Banten Ade Sumardi juga akan mendapatkan tugas.

"Rano Karno, Ade Sumardi adalah kader yang mungkin ditugaskan partai. Ketika ibu ketua umum merekomendasikan siapa pun, maka kita tegak lurus," ujar Asep.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/25/214724478/airin-dan-mantan-bupati-pandeglang-daftar-jadi-bacagub-banten-lewat-pdi-p

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke