Salin Artikel

Usai Lebaran, Perbaikan Tanggul Jebol Sungai Wulan Demak Dikebut

DEMAK, KOMPAS.com - Pembangunan tanggul Sungai Wulan, Dukuh Norowito, Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak dikebut pasca-lebaran.

Seperti diketahui, tanggul Sungai Wulan di Dukuh Norowito sempat jebol dua kali pada bulan Februari dan Maret 2024 hingga menyebabkan banjir di Kecamatan Karanganyar sedalam 3 meter.

Plt Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) atau Dinputaru Demak Naning Prih Hatiningrum mengatakan bahwa pembangunan tanggul sungai Wulan sempat diliburkan pada momentum Lebaran.

"Libur total kayaknya hanya dua hari, namun tetap ada piket penugasan," katanya dihubungi Kompas.com, melalui pesan WhatsApp, Kamis (18/4/2024).

Menurutnya, pengerjaan tanggul Sungai Wulan di Dukuh Norowito sampai saat ini terus dikebut dengan mengerahkan sejumlah alat berat dikerahkan.

"Info dari pelaksana di lapangan, hari ini masih melanjutkan pemancangan SSP (steel sheet pile) di lokasi tanggul jebol," beber dia.

Soal progres pembangunan tanggul, Naning belum bisa memastikan secara langsung. Dia mengaku baru akan meninjau lokasi sore ini setelah cuti lebaran.

Adapun detail laporan yang ia terima pada 9 April 2024 lalu, terdapat 13 unit alat berat yang disiagakan di lokasi dan penggemukan tanggul mencapai 50 pesen.

Rinciannya, 10 unit excavator, 1 alat pemancang SSP, 1 buldozer, serta 1 unit single drum roller.

"Untuk penggemukan tanggul baru mencapai 50 persen dari toping tanggul 9.30," jelas Naning.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/18/151601778/usai-lebaran-perbaikan-tanggul-jebol-sungai-wulan-demak-dikebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke