Salin Artikel

Soal Dugaan Kekerasan Seksual di Kampusnya, BEM Undip: Banyak Korban Takut Bersuara

Koordinator Sosial dan Politik BEM Undip, Ariq mengatakan, sampai saat ini Undip masih belum aman dari teror kekerasan seksual.

"Dan masih banyak korban yang masih takut untuk bersuara," jelasnya melalui pesan WhatsApp kepada kompas.com, Kamis (28/4/2024).

Berkaca ke kasus yang viral tersebut, BEM Undip mempertanyakan eksistensi Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Undip.

"BEM Undip melihat dua tahun perjalanan Satgas PPKS Undip, mereka tidak menjalankan tugasnya dengan baik," kata dia.

Untuk itu, dia berharap adanya peran kampus memfasilitasi korban dengan baik sehingga tuntutan korban dapat terakomodir dengan baik.

"Karena miris, dengan nihilnya peran universitas sehingga masalah ini terpaksa ter-blow up di publik," imbuhnya.

Kampus lakukan penyelidikan

Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Budi Setiyono mengatakan, saat ini sedang menyelidiki video soal pelecehan seksual oleh mahasiswanya yang viral di media sosial. 

"Kami sedang mempelajari kasus tersebut. Sesuai dengan peraturan rektor no. 13/2022 tentang Pedoman Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Di Lingkungan Universitas Diponegoro," jelas Budi kepada Kompas.com.

"Agar mendapatkan penanganan lebih lanjut," kata dia.

Sejauh ini, dia belum menerima aduan terkait pelecehan seksual yang viral di medsos tersebut dari korban.

"Sejauh ini kami belum menerima aduan dari korban," paparnya.

Meski demikian, lanjutnya, Undip telah memerintahkan pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UMKM) Basket Undip untuk melakukan penyelidikan.

"Agar mengetahui duduk persoalan yang sebenarnya," imbuh Budi.

Sebelumnya, kasus tersebut viral setelah diunggah oleh akun TikTok @sangtutor_ yang berisi video Undip dan caption yang ditujukan kepada pelaku yang melecehkan temannya.

"Kepada pelaku kekerasan seksual mahasiswa psikologi Undip yang ngelecehin teman gua, lu tega brow," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/18/131056078/soal-dugaan-kekerasan-seksual-di-kampusnya-bem-undip-banyak-korban-takut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke