Salin Artikel

Mentan Akan Kirim 100 Alat Pertanian ke Merauke untuk Mendukung "Food Estate"

MERAUKE, KOMPA.com - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menegaskan akan mengirim bantuan berupa 100 peralatan pertanian dan bibit untuk lahan 20.000 hektar guna mendukung program food estate di Merauke, Papua Selatan.

"Insyaallah, bantuan kurang lebih 100 peralatan akan kita kirim dengan bibit untuk 20.000 hektar dan itu gratis diberikan kepada petani," kata Amran dalam pidatonya pada pembukaan rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Merauke dalam mendukung program food estate, Rabu (17/04/2024).

Dengan begitu, lumbung pangan nasional di Merauke bisa segera terwujud.

Amran mengatakan, pihaknya bersama Pemkab Merauke dan masyarakat setempat akan menggarap 60.000 hektar lahan secara bersamaan.

"Sasaran utama kami adalah meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendekatan kesejahteraan dan keadilan. Jika kedua hal ini tercapai, negara akan aman tanpa kekisruhan," tegasnya.

Ke depan, lubung pangan di Merauke ditargetkan mencapai 500.000 hektar.

"Kami telah melaporkan proyek ini kepada Panglima TNI, bahwa Pangdam beserta Pak Danrem dan disaksikan Pak Bupati Romanus Mbaraka akan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya dalam waktu tiga bulan," ungkapnya.

Amran menyebut, penyediaan bibit untuk mendukung proyek food estate itu senilai kurang lebih Rp 200 miliar.

"Bantuan ini diberikan secara gratis, saya datang dengan bantuan kurang lebih Rp 200 miliar dan ini merupakan perjuangan Pak Bupati Merauke Romanus Mbaraka," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Menteri Amran menyempatkan diri melihat tanaman tebu yang merupakan bagian dari lumbung pangan di Merauke.

"Tidak perlu pidato panjang, kami ingin langsung ke lapangan, kami ingin langsung mengecek tebu," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/17/151529578/mentan-akan-kirim-100-alat-pertanian-ke-merauke-untuk-mendukung-food-estate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke