Salin Artikel

Tembus 24.000 Pengunjung Sehari, Destinasi Wisata Magetan Sumbang PAD Rp 2 M

MAGETAN, KOMPAS.com -  Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mencatat  destinasi wisata Telaga Sarangan dikunjungi  23.911 wisatwan di H+ 3 lebaran.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan, Joko Trihono mengatakan, jumlah pengunjung Telaga Sarangan hampir 24.000 wisatawan merupakan jumlah tertinggi selama ini.

“Pengunjung pada H+3 sebanyak 23.900 lebih pengunjung, ini merupakan jumlah terbanyak selama ini. Tahun sebelumnya sekitar 21.000 lebih,” ujarnya ditemui di pendopo Surya Graha Minggu (14/4/2024).

Joko Trihono menambahkan, selama libur lebaran, destinasi Telaga Sarangan dikunjungi lebih dari 30.000 wisatawan di musim libur lebaran. Dari pendapatan tiket pengunjung, tempat wisata ini menyumbang 11 persen lebih target PAD dari sektor pariwisata.

“Target PAD dari sector wisata tahun ini Rp 23 miliar, kunjungan wisawatan di libur lebaran tahun ini menyumbang sekitar lebih dari 11 persen target PAD,” imbuhnya.

Dengan peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Telaga Sarangan lahan parkir masih menjadi kendala bagi wisatwan. Pemerintah daerah rencananya akan memperluas lahan parkir di mana saat ini daya tampung parkir hanya 75 bus.

“Kita mengatasinya dengan buka tutup jalur ke Sarangan dengan memutar kendaraan sekitar 15 menit, kita mengatur di dalam kemudian mengarahkan pengunjung yang masih berada di sekitar Sarangan untuk berkunjung ke sejumlah destinasi yang tak jauh dari Sarangan masih bisa mengatasi permasalahan parkir,” ucapnya.

Selain memperluas lahan parkir, Dinas Pariwisata akan membuka parkir VIP bagi pengunjung yang memiliki mobil mewah untuk menjamin kenyamanan pengunjung

https://regional.kompas.com/read/2024/04/15/090616578/tembus-24000-pengunjung-sehari-destinasi-wisata-magetan-sumbang-pad-rp-2-m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke