Salin Artikel

Gunung Lewotobi Meletus Malam Ini, Tinggi Kolom Abu 300 Meter

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus pada Minggu (14/4/2024) malam.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa melaporkan, erupsi terjadi pukul 19.20 Wita.

Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 300 meter di atas puncak atau sekitar 1.884 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara," ujar Bobyson di Flores Timur, Minggu malam.

Bobyson menerangkan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 4.4 mm dan durasi lebih kurang 1 menit 51 detik.

PGA Lewotobi Laki-laki juga melaporkan terjadi erupsi pada siang tadi pukul 12.01 Wita namun tinggi kolom abu tidak teramati.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2.9 mm dan durasi lebih kurang 2 menit 15 detik.

Bobyson menambahkan, sampai saat ini aktivitas gunung api setinggi 1.584 meter dari permukaan laut (mdpl) itu berada di level II waspada.

Masyarakat di sekitar dan wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral 3 kilometer pada arah utara, timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut.

Warga yang terdampak hujan abu Gunung Lewotobi Laki-laki agar memakai masker atau penutup hidung dan mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/14/195233478/gunung-lewotobi-meletus-malam-ini-tinggi-kolom-abu-300-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke