Salin Artikel

"Green-Yellow-Red", Skema "Delaying System" Polda Lampung Saat Arus Balik Lebaran 2024

LAMPUNG, KOMPAS.com - Polda Lampung membuat tiga kategori penerapan "delaying system" yang digunakan pada arus balik lebaran 2024.

Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika mengatakan, pelaksanaan "delaying system" atau penundaan perjalanan dilakukan secara optimal dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

Faktor-faktor tersebut antara lain, jumlah kendaraan yang kembali, kapasitas dan jumlah kapal, waktu tempuh dan bongkar muat.

"Serta mempertimbangkan kapasitas rest area dan bufferzone di jalan lintas," kata Helmy melalui wawancara tertulis via WhatsApp, Jumat (12/4/2024) malam.

Secara rinci, Helmy menjabarkan "delaying sytem" yang diterapkan oleh Polda Lampung ada tiga kategori, yakni Green, Yellow, dan Red.

"Green berarti keadaan normal. Lalu yellow berarti ada antrean berjarak 1 KM dari pintu gerbang pelabuhan. Dan red berarti ada antrean berjarak 4 KM dari pintu gerbang pelabuhan," kata dia.

Pada situasi "yellow", penundaan perjalanan akan dilakukan dengan mengaktifkan 5 rest area di jalan tol Lampung, serta 4 buffer zone di Jalinsum dan Jalinpantim.

"Sedangkan pada situasi red, semua rest area dan buffer zone akan diaktifkan," kata Helmy.

Untuk mendukung skema delaying system ini, delapan rest area yang menuju Pelabuhan Bakauheni telah disiapkan yakni mulai dari KM 215B sampai KM 20B.

Total kapasitas delapan rest area ini sebanyak 1.200 kendaraan.

Lalu 4 buffer zone di Jalinsum dan Jalinpantim memiliki kapasitas yang mampu menampung 360 kendaraan.

"Jadi dengan delay system, secara adil menggeser kendaraan yang ada di rest area dan buffer zone secara bertahap sesuai dengan jumlah kendaraan yang naik ke kapal," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/12/212629578/green-yellow-red-skema-delaying-system-polda-lampung-saat-arus-balik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke