Salin Artikel

Kecelakaan Maut di Tol Batang, KNKT: Pola Penugasan Sopir Bus Rosalia Indah Berisiko Sebabkan Kelelahan

Diketahui kecelakaan tunggal tersebut mengakibatkan tujuh korban tewas. Selain itu sopir tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka. 

Ketua Sub Komisi Lalu Lintas Angkutan Jalan KNKT, Ahmad Wildan mengatakan, dari hasil pemeriksaan, pihaknya menemukan pola penugasan sopir bus yang berpotensi menyebabkan kelelahan.

"Jadi memang di sini ada kencenderungan pola penugasan yang beresiko menyebabkan kelelahan. Jika sudah lengkap nanti kami akan berkoordinasi dengan kepolisian Polres Batang. Kemudia akan kita terbitkan final report-nya," katanya, saat jumpa pers di Kantor Satlantas Polres Batang, Jumat (12/4/2024), dikutip dari TribunJateng.com. 

Dia mengatakan pola penugasan dalam tiga bulan dan satu bulan terakhir sebelum kejadian tersebut dapat menyebabkan kondisi microsleep yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Selain itu berdasarkan hasil investigasi tak ditemukan masalah teknis yang signifikan pada kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu.

"Ini indikasi yang kuat di sana (pola penugasan). Terkait dengan mal fungsi di kendaraan kami tidak menemukan faktual," pungkasnya. 

Kepada polisi, sopir mengaku mengantuk saat berkendara. Bus yang berangkat dari Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, menuju Jawa Timur itu sempat diganti di Km 227 ruas Tol Semarang-Batang, pukul 01.31 Wib. Namun, tidak dengan sopir bus.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Hasil Investigasi KNKT, Pemicu Awal Kecelakaan Bus Rosalia Indah di Tol Batang - Semarang Gegara Ini.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/12/202218878/kecelakaan-maut-di-tol-batang-knkt-pola-penugasan-sopir-bus-rosalia-indah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke