Salin Artikel

Libur Lebaran, Jalur Wisata Anyer Akan Diberlakukan Sistem "One Way"

Penerapan one way dilakukan dari simpang tiga Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ciwandan, Cilegon hingga Simpang tiga Teneng Cinangka, Serang.

"Dari simpang JLS itu kita terapkan one way untuk menuju ke Anyer," kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim kepada wartawan di rumah dinasnya, Kamis (11/4/2024).

Dijelaskan Abdul, sistem one way akan dihentikan bila ada kapal dari Pelabuhan Panjang yang sandar di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon.

Hal itu dilakukan guna memperlancar arus pemudik yang akan mengarah ke Gerbang Tol Cilegon Timur maupun jalan arteri menuju Jakarta.

"Mekanismenya ketika ada bongkaran pemudik yang dari (pelabuhan) Ciwandan, one way ini di pending dulu, kita prioritaskan yang mudik dulu," ujar Abdul.

"Setelah bongkaran ini (pemudik di Pelabuhan Ciwandan) selesai, tidak ada lagi. Baru one way ini kita terapkan lagi," sambung dia.

Dia mengatakan, wisatawan yang akan menuju Kawasan Objek Wisata Pantai Anyer biasanya keluar dari Gerbang Tol Cilegon Timur kemudian melewati JLS.

Untuk mengantisipasi kepadatan di jalan tersebut, kata Abdul, dipersiapkan jalan alternatif melalui Gerbang Tol Serang Timur-Jalan Syekh Nawawi Al Bantani-Palima-Cinangka.

"Kita punya skenario alternatif apabila masyarakat dari arah jakarta menuju ke Anyer, nanti kita buatkan jalan alternatif, yaitu menuju Serang Timur, jadi keluar tol Serang Timur, Palima, terus ke Pabuaran," jelas Abdul.

Bahkan, dijalan alternatif itu pun akan diberlakukan one way jika terjadi kepadatan wisatawan yang akan berlibur ke Anyer.

"Nanti mungkin jalur itu akan kita buat one way apabila padat. Jadi hari ini saya minta polres-polres untuk mensurvei rutenya untuk nanti dipersiapkan rutenya," tandas dia.

Selain itu, personel kepolisian dari Polda Banten, Polres Cilegon, dan Polres Pandeglang telah disiapkan untuk mengatur lalulintas di sepanjang jalan Anyer.

"Kalau di jalur wisata itu saya libatkan personil dari Polres Pandeglang, untuk di anyer dan carita. Ditambah dari Polda sekitar 300 personil," kata dia

https://regional.kompas.com/read/2024/04/11/105357178/libur-lebaran-jalur-wisata-anyer-akan-diberlakukan-sistem-one-way

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke