Salin Artikel

Pagi Ini, Gunung Ile Lewotolok Luncurkan Lava Baru Sejauh 700 Meter

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok melaporkan, pada periode pengamatan pukul 00.00 Wita-06.00 Wita, aliran lava teramati mengarah ke arah tenggara.

"Masih teramati leleran lava ke arah tenggara dengan jarak luncuran lava baru sejauh 700 meter," ujar Petugas Pos PGA Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian, di Lembata, Rabu pagi.

Stanislaus mengimbau masyarakat Desa Jontona dan Todanara agar tidak memasuki dan melakukan aktivitas di dalam wilayah sektoral selatan dan tenggara sejauh 3 kilometer dari pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok.

Selain itu, warga juga diminta waspada terhadap ancaman bahaya dari guguran atau longsoran lava dan awan panas dari bagian selatan dan tenggara.

PGA Ile Lewotolok juga mencatat, terjadi 68 kali gempa embusan dengan amplitudo 2.2-16 mm, durasi 44-345 detik. Lalu, sembilan kali tremor non harmonik dengan amplitudo 2-8.4 mm, durasi 280-904 detik.

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang. Sementara tingginya 100-200 m di atas puncak kawah.

"Terdengar gemuruh lemah," kata dia.

Semua pihak diimbau menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong, dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/11/085101278/pagi-ini-gunung-ile-lewotolok-luncurkan-lava-baru-sejauh-700-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke