Salin Artikel

GP Ansor Buka 250 Posko Mudik hingga Arus Balik 2024 Berakhir

KOMPAS.com - Gerakan Pemuda (GP) Ansor kembali bertekad menyukseskan tradisi mudik yang rutin dilaksanakan masyarakat Indonesia jelang momen lebaran.

Apalagi, pemerintah memperkirakan jumlah pemudik pada tahun ini mencapai 193 juta atau 71,7 persen dari total penduduk Indonesia.

Ketua Umum GP Ansor, Addin Jauharuddin mengatakan, pihaknya ingin berperan membantu pemerintah dalam periode mudik 2024.

“Tentu ini bukan pekerjaan mudah bagi pemerintah. Untuk itu, GP Ansor yang merupakan bagian dari Ormas Nahdlatul Ulama (NU), mengambil peran penting agar para pemudik nyaman saat pulang ke kampung halaman masing-masing,” kata Addin, Selasa (9/4/2024).

Addin meyakini, sebagian besar pemudik merupakan warga nahdiyyin, sehingga pihaknya turut bertanggung jawab dalam menciptakan kenyamanan selama periode mudik.

Karena itu, dia menambahkan, GP Ansor telah membangun 250 posko mudik yang tersebar di dalam maupun luar Pulau Jawa. Posko tersebut rencananya akan beroperasi hingga arus balik mudik 2024 berakhir.

Addin mengimbau kepada para pemudik untuk menaati aturan lalu lintas selama dalam perjalanan, seperti menggunakan helm dan tidak membawa penumpang dan barang yang berlebihan bagi pemotor.

Sementara pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat juga diimbau agar tidak membawa muatan dan penumpang yang berlebihan.

“Yang paling penting, jangan memaksakan diri, beristirahatlah di tempat yang disediakan jika lelah. Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi saudara kami yang mudik untuk beristirahat di posko-posko GP Ansor,” ujar Addin.

Dalam kesempatan ini, Addin pun mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban kecelakaan di KM 58 Cikampek yang menewaskan 12 orang, serta keluarga korban kecelakaan di tempat lainnya.

Dia berharap, tidak ada lagi peristiwa kecelakaan selama periode mudik 2024.

"Kembalilah ke keluarga dengan senyum dan tawa, jangan membawa duka. Bismillah, Insya Allah mudik kali ini membawa kenyamanan,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/09/214437878/gp-ansor-buka-250-posko-mudik-hingga-arus-balik-2024-berakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke