Salin Artikel

Sambut Wisatawan, 30 Titik Rawan Tenggelam di Pantai Kulon Progo Dipasangi Bendera Merah

KULON PROGO, KOMPAS.com – Bendera merah menancap di 30 titik sepanjang pantai Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bendera ini merupakan peringatan tentang bahayanya pantai selatan bagi pengunjung, terutama di kawasan perairan atau laut.

Pengunjung dilarang untuk beraktivitas di sekitar bendera merah menancap.

“Karena itu adalah area rawan tenggelam,” kata Aris Widiatmoko, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Selasa (9/4/2024).

Aris mengatakan, pada libur Lebaran, jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat. Apalagi Pantai Selatan menjadi pilihan paling favorit di Kulon Progo.

Satlinmas, tim relawan perairan Kulon Progo, bertugas menjaga kawasan perairan yang banyak dikunjungi warga. Mereka menancapkan 30 bendera merah yang bisa dipindah-pindahkan.

Bendera merupakan tanda untuk pengunjung dilarang beraktivitas di sekitarnya. Dengan begitu, diharapkan bisa meminimalisir kecelakaan di perairan Kulon Progo.

Bendera merah lebar 50 cm dengan panjang 90 cm. Terdapat gambar tengkorak dengan berbagai macam tulisan sebagai peringatan di sana, seperti: Awas Palung Laut, Dilarang Mandi Berbahaya, Muara Serang/Glagah Dilarang Mandi dan Menyeberang, hingga tulisan Area Berbahaya Rawan Tenggelam.

Aris mengungkapkan, langkah ini diambil untuk meminimalisir kecelakaan bagi pengunjung, terlebih tingginya puncak kunjungan.

“Kami beri rambu yang simple namun paham para pengunjung pada harapan kami. Dan kami bisa memindahkannya menyesuaikan titik keramaian area,” ucap Aris.

Bendera tidak hanya akan menancap di kawasan Glagah, namun semua pantai.

Sebagaimana diketahui, Kulon Progo memiliki bibir pantai yang panjang. Pada libur Lebaran ini, kunjungan wisawatan diperkirakan membludak pada H+2 hingga H+4 atau 12-14 April 2024.

Saat itu, kunjungan bisa mencapai 15.000 orang per hari. Prediksi ini didasari atas kunjungan wisatawan ke DIY yang mencapai 11,7 juta orang. Pantai tentu saja masih menjadi favorit pengunjung ke Yogyakarta.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/09/195319378/sambut-wisatawan-30-titik-rawan-tenggelam-di-pantai-kulon-progo-dipasangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke