Salin Artikel

Kapolri soal Kecelakaan Maut di Tol Jakarta-Cikampek: Gran Max Keluar dari "Contraflow"

Sigit mengungkapkan, petugas saat ini masih menyelidiki penyebab kecelakaan.

Belum dapat dipastikan apakah kecelakaan tersebut disebabkan karena kelalaian manusia (human error). 

"Tadi sudah saya jelaskan penyebab terjadinya kecelakaan sedang didalami dan saya belum bisa menjelaskan. Namun yang jelas ada proses di mana kendaraan (Gran Max) itu keluar dari contraflow masuk jalur yang sebenarnya bukan jalur yang diperuntukkan oleh kendaraan tersebut," kata Kapolri di Instalasi Forensik RSUD Karawang, Senin (8/4/2024) sore. 

Saat ini, lanjut Kapolri, tim gabungan dari Polri, Kementerian Perhubungan, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih melakukan penyelidikan.

"Memang saat ini (penyelidikan) penyebab laka sedang dilakukan. Dan kemudian yang paling utama saat ini adalah mencegah agar ini tidak terulang lagi apalagi ini dalam situasi arus mudik," kata Kapolri. 

Kapolri menjelaskan, saat ini petugas tengah melakukan proses identifikasi terhadap 12 korban tewas kecelakaan yang melibatkan mobil Gran Max, bus Primajasa, dan Daihatsu Terios itu.

"Sudah ada empat keluarga yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan ante mortem, dan sisanya tentunya sedang kami tunggu dan kami berupaya untuk segera menghubungi dari keluarga korban," kata Kapolri.

Diberitakan sebelumnya, 12 orang tewas akibat kecelakaan maut di Kilometer 58 jalan Tol Jakarta-Cikampek, Senin (8/4/2024). 

12 orang itu semuanya merupakan penumpang mobil Gran Max B1635BKT.

Sedangkan penumpang dan kondektur bus Primajasa mengalami luka-luka. Keduanya kini dirawat di Rumah Sakit Rosela, Karawang.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/08/182024978/kapolri-soal-kecelakaan-maut-di-tol-jakarta-cikampek-gran-max-keluar-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke