Salin Artikel

Kapal Eksekutif Jadi Primadona, Pemudik Rela Menunggu sampai 2 Jam

Pantauan Kompas.com di area parkir tunggu dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Jumat (5/4/2024) pukul 16.40 WIB, antrean kendaraan mengular di lokasi tersebut.

Sebagian besar kendaraan ini memiliki jadwal menyeberang pada sekitar pukul 18.00 WIB untuk menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Sambil menunggu antrean masuk kapal ekspres, terlihat para penumpang bersantai di area parkir dan sebagian lagi berbelanja di mall yang ada di sayap kiri dermaga eksekutif itu.

Salah satu pemudik asal Pekan Baru (Riau) bernama Ardi mengaku memilih naik kapal ekspres untuk mempersingkat perjalanan di Selat Sunda.

Ardi tidak mempermasalahkan jika antrean lebih lama dibandingkan kapal reguler yang sepi.

"Ya seperti namanya, ekspres, kan berarti cepat di lautnya. Saya pernah naik kapal reguler, dan memang lebih lama kalau dibandingkan yang (kapal) ekspres," kata dia ditemui di lokasi, Jumat sore.

Selain itu, fasilitas yang disediakan di dalam kapal juga lebih nyaman. Terlebih dia membawa anak kecil dan ibunya yang sudah berumur.

"Ya biar nyaman aja selama di perjalanan. Saya kan bawa anak kecil, kadang sering rewel kalau perjalanannya lama dan panas," kata Ardi yang hendak mudik ke Jombang tersebut.

Penumpang lain bernama Arifin, yang hendak mudik ke Yogya dari Palembang juga mengaku memilih menyeberang dengan kapal ekspres meski harus menunggu hingga dua jam.

"Ya nggak apa-apa, Mas (menunggu), di kapalnya (perjalanan) kan lebih cepat," katanya.

Arifin mengatakan, tiket penyeberangan kapal eksekutif juga lebih mahal. Namun hal itu tidak menjadi masalah, karena dia ingin lebih cepat sampai di Pelabuhan Merak.

"Naik kapal biasa (reguler) bisa sampai tiga jam nyeberang. Kalau kapal ekspres paling hanya 1 jam," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/05/183005978/kapal-eksekutif-jadi-primadona-pemudik-rela-menunggu-sampai-2-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke