Salin Artikel

Basarnas Kaltim Siapkan Dua Drone Antisipasi Potensi Kecelakaan Mudik Lebaran

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Dody Setiawan mengungkapkan hal itu saat memantau puncak arus mudik di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Jumat (5/4/2024).

"Alutsar yang kami siapkan lengkap. Mulai dari peralatan SAR di perairan, peralatan medis, kendaraan, rescue car lengkap dengan personel yang mengawaki. Dan kami menyiagakan drone untuk assesment pemantauan maupun kejadian kecelakaan," urai Dody.

Menurut Dody, drone digunakan untuk melihat kondisi dan situasi keramaian di pelabuhan, terminal dan tempat-tempat wisata.

Sementara di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, drone tidak digunakan karena ada ketentuan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Adapun drone yang digunakan berjenis thermal drone yang bisa digunakan mulai dari mitigasi hingga inspeksi.

Drone ini, lanjut Dody, terkoneksi langsung melalui internet dan bisa diakses dari Basarnas Command Center (BCC).

"Jadi, siapa pun bisa lihat," imbuh Dody.

Dua thermal drone ini akan ditempatkan di Balikpapan, dan Samarinda. Hal ini seiring potensi kecelakaan di Samarinda juga besar.

Alutsar ini merupakan bagian dari kesiapan dan kesiagaan Basarnas di tiap kantor-kantor pencarian dan pertolongan di seluruh Indonesia.

Khusus Balikpapan dan Kalimantan Timur, Basarnas Kaltim menyiagakan tim rescue siaga di tempat saat H minus (H-) yang difokuskan di pelabuhan dan bandara yang digunakan penumpang untuk mudik.

Sedangkan pada H plus (+), Basarnas Kaltim akan bersiaga di tempat-tempat wisata.

Kerawanan khususnya di Balikpapan, terutama tahun ini ada pada tempat penampungan. Mengutip data Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) terdapat peningkatan.

"Banyak juga penumpang yang merupakan tenaga kerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan ke kampung halaman," ucap Dody.

Kalo potensi kerawanannya untuk di Balikpapan seringnya kecelakaan di perairan karena mayoritas sungai dan untuk pasca-Lebaran kita siagakan juga untuk peningkatan musibah di tempat wisata karena tempat wisata di Balikpapan atau Kaltim banyak perairan.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/05/171931278/basarnas-kaltim-siapkan-dua-drone-antisipasi-potensi-kecelakaan-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke