Salin Artikel

BPBD Lembata Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem sampai 10 April 2024

Kepala Pelaksana BPBD Lembata, Yohanes Gregorius mengatakan, berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bibit siklon 96S terdeteksi muncul di sekitar Laut Sawu tepatnya pada koordiat 10,20 Lintang Selatan 121,00 Bujur Timur.

Hasil identifikasi bibit siklon 96S ini menunjukkan kecenderungan menguat secara perlahan dalam beberapa hari ke depan.

Kecepatan angin maksimum 15-20 knot atau 28-37 kilometer per jam dengan tekanan di pusatnya sekitar 1007 mb, serta pergerakan ke arah barat daya hingga selatan.

Bibit siklon tersebut dapat menjadi siklon tropis atau badai dengan kategori rendah pada 5 April 2024. Kemudian, mulai 6 April 2024 kategori sedang hingga tinggi.

Sementara kategori sedang hingga tinggi di wilayah Lembata diprediksi pada 7-10 April 2024.

"Bibit siklon ini akan memicu terjadinya cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, gelombang pasang," ujar Yohanes dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024).

Yohanes meminta para lurah dan kepala desa agar mengaktifkan rantai komando secara terbatas.

Perangkat daerah diminta menyampaikan imbauan pada warga agar tidak panik namun tetap waspada akan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

BPBD Lembata, lanjutnya, akan terus menginformasikan cuaca yang lebih akurat dengan resolusi yang lebih tinggi di setiap kecamatan dengan mengacu informasi dari BMKG NTT.

"Tim reaksi cepat BPBD Lembata terus bersiaga di Posko Siap Siaga BPBD dan akan digerakkan dalam rantai komando terencana," kata dia.

Yohanes juga meminta apabila terjadi bencana segera melaporkan kepada camat sebagai komandan wilayah kecamatan.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/05/121508678/bpbd-lembata-imbau-warga-waspadai-cuaca-ekstrem-sampai-10-april-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke