Salin Artikel

Jalan Palembang-Betung Rawan Macet, Pemudik Disarankan Lakukan Perjalanan Siang Hari

Pasalnya, jalan lintas Palembang-Betung merupakan kawasan rawan kemacetan panjang.

Bahkan, pada arus mudik 2023, kemacetan di lokasi tersebut mengalami kemacetan parah hingga beberapa kilometer lantaran adanya truk yang mogok.

Kendaraan yang melintas pun saling berlawanan arah dan menyebabkan lalu lintas menjadi terkunci.

"Ruas lalu lintas Betung yang ke arah Jambi yang kondisi jalannya tidak lebar dan adanya elevasi antara jalan dengan bahu jalannya yang cukup tinggi sehingga rawan. Saya menyarankan pemudik melakukan perjalanan siang hari, pastikan kendaraan sehat, menghindari terjadi kerusakan kendaraan saat dijalan,” kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo di Palembang, Kamis (4/4/2024).

Rachmad menjelaskan, terdapat tujuh pasar tumpah di Banyuasin hingga Musi Banyuasin (Muba) yang berpotensi menjadi kemacetan.

Para camat dan kepala desa pun diminta ikut terlibat agar para pedagang tidak menggunakan bahu jalan.

Untuk mengurangi volume kendaraan, seluruh kendaraan angkutan barang dengan sumbu tiga atau lebih sudah dilarang melintas pada Jumat (5/4/2024) 09.00 WIB sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Pj Gubernur Sumsel.

"Jadi mulai tanggal 5 April jam 9 pagi, tidak boleh ada kendaraan angkutan barang, dengan jumlah sumbu tiga atau lebih yang melintas, kecuali kendaraan yang membawa bahan pokok, seperti daging, telur, beras, minyak, kemudian ada mungkin obat-obatan dan bantuan bencana alam, ini perlu dipahami,” ujarnya.

Kemudian, untuk Kabupaten Muara Enim, jalur rel kereta api juga menjadi prioritas pengamanan.

Polda Sumsel mengaku akan berkoordinasi dengan KAI untuk mengatur perjalanan kereta agar hanya melakukan perjalanan pada malam hari.

“Masyarakat kami himbau melakukan perjalanan siang hari, sementara kereta api dioperasionalkan pada malam hari, supaya tidak mengganggu mudik,” imbuhnya.

Dalam operasi ketupat Musi 2024 ini, Polda Sumatera Selatan menurunkan 4.229 personel gabungan dari seluruh instansi. 

https://regional.kompas.com/read/2024/04/04/132714878/jalan-palembang-betung-rawan-macet-pemudik-disarankan-lakukan-perjalanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke