Salin Artikel

Minim Penerangan, Tol Solo-Yogyakarta Hanya Dibuka Pukul 06.00-17.00 WIB

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, penyesuaian tersebut demi keamanan dan kenyamanan pemudik karena jalur tol masih tahap pembangunan.

"Di jalur tol fungsional belum terdapat rambu-rambu, lampu penerangan juga belum ada. Kita gunakan apabila daerah Kartasura terjadi kepadatan," ujar Luthfi dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024).

Pemberlakuan jalur tol fungsional akan dimulai pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kondisi jalan yang masih dalam tahap pembangunan juga membuat kendaraan akan mengalami perpindahan jalur yang dilewati.

"Jadi pagi kita buka, sore kita tutup. Jalur juga masih zig-zag dari jalur A beralih ke jalur B lalu masuk lagi jalur A," ujar dia.

Untuk menjaga arus lalu lintas tetap lancar, pihaknya akan menyiagakan sejumlah anggota di jalur tol fungsional.

"Nanti anggota akan ada di lokasi," paparnya.

Kapolda menyebut, penanganan arus mudik di tol fungsional akan melibatkan tiga Polres yaitu Boyolali, Karanganyar, dan Klaten. Kepadatan diperkirakan akan terjadi di wilayah Ngawen, Klaten.

"Ngawen dan Klaten merupakan tempat keluar masuk kendaraan di jalur tol fungsional," kata dia.

"Jadi nanti tiga Kapolres akan selalu berkoordinasi (untuk kelancaran arus)," lanjutnya.

Selain itu pihaknya menyiapkan tim urai kemacetan yang akan selalu berpatroli secara mobile untuk menangani kepadatan arus lalu lintas.

"Mereka pakai roda dua, akan selalu berpatroli dan terus memantu perkembangan melalui HT. Jika di suatu wilayah ada kemacetan bisa segera dikendalikan," tutur Luthfi.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/02/124345878/minim-penerangan-tol-solo-yogyakarta-hanya-dibuka-pukul-0600-1700-wib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke