Salin Artikel

Gunung Ile Lewotolok Alami 409 Kali Gempa Embusan Pagi Ini

Pos PGA Ile Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape mencatat, ratusan gempa ini teramati pada pukul 00.00 Wita-06.00 Wita.

"Jumlah gempa embusan 409 kali dengan amplitudo 1.8-26.1 mm, durasi 23-243 detik," ujar Kepala Pos PGA Ile Lewotolok, Yeremias Kristianto Pugel, Selasa.

Dijelaskan, tingginya jumlah gempa embusan mengindikasikan aktivitas vulkanik Gunung Ile Lewotolok berada pada kedalaman magmatik dangkal.

PGA Ile Lewotolok juga melaporkan terjadi tiga kali gempa letusan, tiga kali tremor non harmonik, satu kali hybrid, tiga kali vulkanik dangkal, dan lima kali vulkanik dalam.

Cuaca di gunung itu cerah, mendung, hujan, dan berawan. Angin bertiup lemah, sedang ke arah barat, barat laut, barat daya. Suhu udara 24-28 derajat celcius.

Berdasarkan pengamatan visual gunung jelas, kabut 0-I, dan kabut 0-II.

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih, kelabu dengan intensitas tipis, sedang, tebal dan tinggi 25-300 meter di atas puncak kawah.

Terdengar suara gemuruh dan dentuman lemah. Letusan juga disertai gemuruh sedang.

"Teramati aliran lava masih mengalir ke sektor tenggara gunung Ile Lewotolok," kata dia.

Yeremias menambahkan, hingga saat ini aktivitas Gunung Ile Lewotolok masih berada di level III siaga.

Warga tiga desa yakni Lamawolo, Lamatokan, dan Jontona diimbau tidak memasuki dan melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer, dan 3 kilometer untuk wilayah sektoral selatan dan tenggara.

"Waspadai potensi ancaman bahaya dari guguran atau longsoran lava dan awan panas dari bagian timur, selatan dan tenggara puncak," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/02/080316678/gunung-ile-lewotolok-alami-409-kali-gempa-embusan-pagi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke