Salin Artikel

Penerimaan Bintara Polisi di Papua, Ada Kuota Khusus untuk Anak Kepala Suku

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Mathius D. Fakhiri mengungkap bahwa pada penerimaan bintara kali ini terdapat kuota 2.000 personel untuk putra-putri Papua.

Di dalam kebijakan tersebut, terdapat kuota khusus bagi anak dari ondofolo atau kepala suku karena tujuan dari penerimaan bintara ini adalah untuk penempatan pada Polda di wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Nanti ada juga kekhususan untuk para kepala suku, para ondoafi," ujarnya di Jayapura, Kamis (28/3/2024) malam.

Fakhiri menjelaskan, alasan penerimaan polisi khusus bagi anak-anak Papua ini adalah karena dirinya ingin nantinya anggota Polri baru itu bisa tugas di daerah asalnya masing-masing. Termasuk, di kabupaten-kabupaten tempat mereka lahir dan dibesarkan.

Polisi baru yang asli Papua itu nantinya diharapkan tidak lagi berpikir untuk pindah tugas ke luar Papua. Sebab, ke depannya polisi-polisi tersebut bakal bertugas di Papua hingga pensiun.

"Sehingga tidak berpikir lagi untuk minta pindah kembali ke Makassar, pindah ke Jawa, NTT, tapi nanti akan dinas sampai pensiun pun di Tanah Papua," imbuhnya.

Di sisi lain, penerimaan 2.000 personel baru ini merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Papua. Khususnya bagi generasi muda yang hingga kini masih belum mendapatkan pekerjaan.

"Di samping itu juga kan bagian pendekatan dari pemerintah untuk bisa mengambil semua generasi muda untuk mendapat lowongan kerja," bebernya.

Sebab, Mathius berharap, melalui penerimaan anggota Polri baru nanti juga bisa mengurangi angka kemiskinan di Tanah Papua. Termasuk mendongkrak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau generasi muda sudah mendapatkan kerja mudah-mudahan kan mengurangi angka kemiskinan di Tanah Papua. Ini bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat, bisa menimbulkan kesejahteraan di Tanah Papua," harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/29/141821778/penerimaan-bintara-polisi-di-papua-ada-kuota-khusus-untuk-anak-kepala-suku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke