Salin Artikel

BMKG: Wilayah Kalimantan Tengah Sedang Dilalui Gelombang Atmosfer "Rossby Ekuator"

Dalam beberapa waktu belakangan, kondisi perubahan cuaca di Kalimantan Tengah terjadi cukup ekstrem.

Dikala siang, cuaca cukup panas dan perubahan cuaca bisa mendadak terjadi di mana curah hujan bisa tiba-tiba cukup tinggi.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah, Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut, Palangkaraya, Alfandy menyimpulkan, kondisi cuaca saat ini merupakan aktifitas konveksi di mana panas bumi yang terjadi mengakibatkan penguapan.

Apabila panas yang dihasilkan sangat banyak, maka akan membuat pembentukan awan hujan sangat banyak, sehingga sering terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan cenderung berlangsung lebih lama.

“Ketika awan yang terbentuk sangat banyak, maka jadilah hujan yang cukup lama," kata Allfandy, kepada Kompas.com melalui pesan singkat WhatsApp, pada Kamis (28/3/2024).

Konveksi umumnya terjadi siang hari, ketika matahari sedang menyinari bumi, kemudian apabila pembentukan awannya sudah matang dan banyak, barulah terjadi hujan.

Tetapi, ada juga proses konveksi yang terjadi sampai menjelang malam atau bahkan malam, sehingga suhu yang dirasakan sangat panas dan gerah.

“Apabila kondisi tersebut terjadi, maka kemungkinan besar cuaca cenderung akan terjadi hujan pada dini hari atau pada pagi harinya," ujar Alfandy.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/28/162218878/bmkg-wilayah-kalimantan-tengah-sedang-dilalui-gelombang-atmosfer-rossby

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke