Salin Artikel

Sultan Buton La Ode Muhamad Izat Manarfa Wafat, Warga dan Sejumlah Tokoh Iringi Jenazah ke Masjid Quba

Sultan Buton tersebut mengalami penurunan kesehatan setelah mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan.

“Meninggalnya kemarin jam 6 sore, tadi malam dipulangkan dari Kendari pakai speedboat. Tiba di pelabuhan Baubau Rabu (27/3/2024) pagi,” kata keluarga Sultan Buton, La Ode Muhamad Samsul Kamal, saat ditemui di rumah duka, Rabu (27/3/2024). 

Jenazah Sultan Buton disemayamkan di rumahnya, di Kelurahan Baadia, Kecamatan Wolio, Kota Baubau. 

Menurut Samsul, Sultan Buton Izat Manarfa ini tidak mempunyai riwayat penyakit apapun selama hidupnya. 

“Dia (sultan) tidak pernah sakit, sebelum sakit dia melakukan perjalanan kunjungan komunitas buton (daerah) dimana-mana, setelah itu berangkat umroh,” ujar Samsul 

Pulang dari Mekah, Sultan Buton kemudian melakukan perjalanan ke Ternate. Setelah pulang dari Ternate kesehatnnya mulai menurun. 

“Satu minggu setelah itu, kesehatannya menurun mungkin kecapaen, Katanya sakitnya stroke, dan komplikasi, padahal tidak pernah sakit,” ucapnya. 

Terlihat banyak tokoh-tokoh yang datang melayat. Mulai dari pemerintah tingkat provinsi dan juga tokoh ditingkat Kota Baubau.

Rabu sore, jenazah Sultan Buton dibawa ke tempat pemakaman di samping masjid Quba, yang merupakan salah satu masjid tertua di Buton. 

“(Di makamkan) di masjid Quba, disamping kuburan ayahnya, La Ode Manarfa,” kata Samsul. 

La ode Muhamad Izat Manarfa wafat diusia yang ke 77 tahun. Ia dilantik menjadi Sultan ke 40 Buton tanggal 13 Desember 2013 oleh para Siolimbona Kesultanan Buton. 

La Ode Muhamad Izat Manarfa menggantikan Sultan La Ode Muhammad Jafar yang memimpin Kesultanan Buton mulai Mei 2012- hingga 19 Juli 2013.

Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa merupakan seorang cucu dari Sultan ke-38 Buton yakni, Sultan Muhamad Falihi yang memerintah tahun 1930 -1967. 

Profil Sultan Buton

La Ode Muhammad Izat Manarfa lahir di Baubau pada tanggal 18 Desember 1946. Sejak usia 6 tahun, almarhum mulai sekolah rakyat (SR) di Kota Baubau.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Frater Makasar pada Tahun 1963 dan SMA Frater Makasar pada Tahun 1966.

La Ode Muhammad Izat Manarfa kemudian melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Fakultas Kedokteran di Universitas Pandjajaran Bandung tahun 1979. 

Kemudian ia melanjutkan  S2 Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia tahun 1988.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/27/213456478/sultan-buton-la-ode-muhamad-izat-manarfa-wafat-warga-dan-sejumlah-tokoh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke