Salin Artikel

Alami Kecelakaan, Truk Sampah Tumpah di Jalan Raya Padalarang

Akibatnya, truk berisi sampah yang diangkut dari daerah Soreang, Kabupaten Bandung tumpah ruah menutup badan jalan di lajur Bandung - Cianjur.

Kecelakaan tunggal itu bermula saat truk bermuatan sampah dengan pelat nomor D 9925 Z melaju dari arah Bandung menuju TPA Sarimukti, Bandung Barat.

Setibanya di lokasi kejadian, truk sampah tersebut mengalami oleng. Kendaraan berwarna jambon itu tak terkendali hingga akhirnya terguling menutup badan jalan.

"Kejadiannya sekitar jam 14.30 WIB. Saya sedang berdiam di depan ruko, tiba-tiba truk sampah ini oleng dan menabrak body belakang mobil yang sedang diparkir. Akhirnya truknya terguling ke tengah jalan," ungkap Nandang Sulaiman (66) saksi mata di lokasi kejadian.

Setelah bokong truk menyenggol mobil yang terparkir di tepi jalan, bak truk tiba-tiba terlepas dari kepala truk. Hingga akhirnya sopir hilang kendali dan truk terguling ke tengah jalan.

"Alhamdulillah enggak ada korban. Hanya body mobil bagian belakang rusak dan sampah menutup jalan," kata Nandang.

Akibat dari kecelakaan tunggal itu, arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Cianjur maupun sebaliknya sempat lumpuh. Arus lalu lintas hanya dapat melintas di satu lajur yakni di lajur Cianjur menuju Bandung.

Untuk mengurai kemacetan, polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas yakni buka tutup atau one way di lokasi kejadian.

Adi (30) sopir truk sampah mengaku dirinya sengaja membanting stir ke kiri lantaran ada kendaraan roda dua yang memotong jalur.

"Tadi saya menghindari motor yang tiba-tiba ambil jalur. Karena spontan saya banting stir mendadak dan terguling. Saya mikirnya dari pada ada korban," kata Adi.

Seketika Adi langsung menghubungi UPT Kebersihan untuk segera menerjunkan bantuan. Rencananya sampah yang tumpah di tengah jalan akan di angkut kembali menggunakan truk yang sama untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke TPA Sarimukti.

"Dari Soreang (DLH) sudah datang. Sekarang sedang proses pengangkatan sampah dan bak truk kembali. Semoga lekas selesai," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/22/161454178/alami-kecelakaan-truk-sampah-tumpah-di-jalan-raya-padalarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke