Salin Artikel

Jelang Semana Santa, Semua Hotel di Larantuka Habis Dipesan Peziarah

FLORES TIMUR, KOMPAS.com - Menjelang perayaan Semana Santa 2024, semua hotel dan penginapan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), habis dipesan peziarah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Servulus Demour mengatakan, ketersediaan kamar di semua penginapan sudah dipesan sejak dua tahun lalu oleh para peziarah dari luar daerah.

"14 hotel sudah habis dipesan. Kita mendapat informasi dari teman-teman asosiasi bahwa semua hotel sudah dipesan sejak dua tahun lalu," ujar Servulus dalam keterangannya, Jumat (22/3/2024).

Servulus berujar, pihaknya akan menyediakan rumah warga untuk dijadikan homestay atau penginapan. Sehingga para peziarah tidak kewalahan.

Berdasarkan data sementara, lebih kurang ada 58 rumah warga yang dijadikan tempat penginapan. Data penginapan sudah dikirim melalui website Paroki Katedral Reinha Rosari Larantuka disertakan nomor kontak pemilik.

"Kita sudah bersurat kepada para pemilik rumah melalui lurah. Nanti para peziarah silakan pesan melalui website paroki," kata dia.

Dia menambahkan, sampai saat ini jumlah peziarah yang sudah terdaftar mengikuti Semana Santa sebanyak 3.000 orang. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah.

Berusia 5 abad

Semana Santa merupakan perayaan warisan Portugis yang telah dilakukan sejak lima abad lalu. Ritual ini umumnya dilaksanakan selama Pekan Suci Paskah.

Semana Santa diketahui telah berlangsung selama lebih dari lima abad dan penuh dengan tradisi yang berasal dari kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Larantuka.

Namun, selama pandemi Covid-19 perayaan Semana Santa ditiadakan. Kemudian, pada 2023 Gereja Keuskupan Larantuka, memutuskan kembali membuka penyelenggaraan kegiatan rohani ziarah iman itu.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/22/100642978/jelang-semana-santa-semua-hotel-di-larantuka-habis-dipesan-peziarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke