Salin Artikel

Lahan di Kampung Timur Nunukan Nyaris Terbakar, Diduga Bocah Main Masak-masakan

NUNUKAN, KOMPAS.com – Lahan perkebunan milik masyarakat di Kampung Timur, Nunukan, Kalimantan Utara, terbakar pada Senin (18/3/2024) sore.

Api sempat membesar dan merambat cepat. Musim kemarau yang melanda Nunukan sejak Desember 2023, ditambah angin kencang, mengakibatkan nyala api kian membesar.

Beruntung, petugas pemadam dan masyarakat sekitar, sigap memadamkan api. Sehingga kobaran api, tidak merambat lebih jauh.

"Lokasi kebarakan ada di area lahan gambut, dan luas area yang terbakar mencapai 0,38 hektar are," ujar Kasubid Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Muhammad Basir, Selasa (19/3/2024).

Basir menerangkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 16.11 Wita dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.48 wita.

Pemadaman dilakukan banyak pihak yakni  BPBD, Pemadam Kebakaran (PMK), Polisi, serta partisipasi masyarakat setempat.

Ada 1 unit mobil tanki suplai dari BPBD, 1 unit mobil tanki suplai dari PMK, dan 1 unit motor trail dari BPBD, yang diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Untuk penyebab kebakaran, diduga berasal dari kelalaian sejumlah anak-anak yang tengah bermain masak-masakan di tengah lahan.

"Kondisi angin kencang pada saat itu, membuat situasi semakin sulit terkontrol, dan akhirnya api pun berada di luar kendali anak-anak tersebut," ujarnya lagi.

Basir mengimbau semua masyarakat agar kejadian ini menjadi peringatan akan pentingnya kesadaran atas bahaya kebakaran hutan dan lahan.

"Perlunya pengawasan ekstra terhadap aktivitas anak-anak di sekitar area rawan kebakaran. Diharapkan, tindakan preventif dan responsive yang cepat dari berbagai pihak demi meminimalisir resiko jika terjadi kebakaran serupa," kata Basir.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/19/151624578/lahan-di-kampung-timur-nunukan-nyaris-terbakar-diduga-bocah-main-masak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke