Salin Artikel

Evakuasi Piton 4,3 Meter, Kaki Anggota Damkar Terluka karena Gigitan

UNGARAN, KOMPAS.com - Seorang anggota Damkar Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terluka saat mengevakuasi ular piton sepanjang 4,3 meter. Anggota Damkar bernama Rusdi tersebut tergigit ular di bagian kakinya.

"Pak Rusdi terluka di bagian kaki karena digigit ular. Namun kondisinya baik, dan segera mendapat perawatan dari anggota Damkar yang lain," kata Kasi Damkar Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang Hisyam Alwi, Minggu (17/3/2024).

Hisyam mengatakan, kejadian tersebut berlangsung saat anggota Damkar dan warga mengevakuasi ular piton sawo kembang.

"Ularnya cukup besar dan panjangnya mencapai 4,3 meter. Butuh beberapa orang dewasa untuk menangkapnya," ujarnya.

Keberadaan ular tersebut diketahui saat warga Dusun Krajan, Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, melakukan kerja bakti pembersihan semak-semak. Saat kerja bakti di area Alas Serang tersebut, warga melihat ada seekor ular dengan ukuran besar.

"Kebetulan ada warga yang juga anggota Linmas turut dalam kerja bakti tersebut. Lalu melaporkan ke Damkar Kabupaten Semarang dan langsung ditindaklanjuti dengan datang ke lokasi untuk evakuasi," ujarnya.

Hisyam mengatakan, proses evakuasi sempat terkendala karena kondisi medan berupa semak-semak.

"Lokasinya jauh dari permukiman warga, sekira satu kilometer. Tidak ada laporan terkait ular tersebut memangsa ternak warga," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/17/192913778/evakuasi-piton-43-meter-kaki-anggota-damkar-terluka-karena-gigitan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke