Salin Artikel

15 Desa di Kudus Terendam Banjir

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus, Mundir mengatakan, pada Kamis sore ini, tercatat sebanyak 15 Desa di 5 kecamatan terdampak banjir.

"Penyebab banjir, hujan deras sejak Senin malam hingga hari ini dan dibukanya pintu pembagi air bendungan Wilalung ke Sungai Juwana," kata Mundir saat dihubungi melalui ponsel, Kamis Sore.

Dijelaskan Mundir, hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kudus sejak awal pekan ini mengakibatkan sungai setempat meluap. Debit air sungai yang meningkat hingga melimpas ke permukiman warga.

Merujuk data BPBD Kudus, banjir menggenangi Desa Kesambi, Mejobo, Golentapus, Tenggeles, Kirig, Temulus dan Jojo di Kecamatan Mejobo.

Di Kecamatan Kaliwungu, banjir merendam Desa Setrokalangan dan di Kecamatan Jati, banjir menggenangi Desa Jati Wetan, Tumpangkrasak, Pasuruhan Lor, Jetis Kapuan serta Tanjungkarang.

"Limpasan sungai Wulan, Sungai Piji dan Sungai Dawe. Jumlah warga terdampak banjir yaitu 4132 KK atau 13.102 jiwa, jumlah rumah tergenang sekitar 150 rumah dan membanjiri 1.500 hektar Sawah," jelas Mundir.

Disampaikan Mundir, tim BPBD Kudus yang bersinergi dengan TNI, Polri, Pemcam dan Pemdes sudah diterjunkan ke lokasi terdampak banjir untuk monitoring.

"Data sementara pengungsi banjir di Balai Desa Jati Wetan ada 47 orang. Dinas PUPR Kudus sudah melakukan penyedotan air dengan 2 mesin di Tanggulangin Kudus," pungkas Mundir.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/14/200745978/15-desa-di-kudus-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke