Salin Artikel

Cuaca Buruk, Kapal Kayu Pengangkut 36 Penumpang di Kupang Tenggelam

KUPANG, KOMPAS.com - Sebuah kapal kayu yang mengangkut 36 orang tenggelam di Perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (10/3/2024). Semua penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor SAR Kelas A Kupang I Putu Sudayana mengatakan, kapal itu tenggelam di antara Perairan Perikanan Oeba, Kota Kupang dan Perairan Pula Kera, Kabupaten Kupang.

"Para penumpang kapal itu berusia mulai dari 10 hingga 40 tahun," kata Putu kepada sejumlah wartawan di Kupang, Senin (11/3/2024).

Putu menuturkan, pada Minggu sore sekitar pukul 16.50 Wita, pihaknya menerima informasi kapal tersebut terbalik diterjang gelombang laut yang tinggi.

Informasi itu menyebutkan, kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Tempat Pendaratan Ikan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, menuju Pulau Kera, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, untuk menikmati liburan.

Namun, dalam pelayaran, kapal diterjang angin kencang dan gelombang besar. Akibatnya, kapal terbalik dan tenggelam.

Usai menerima informasi, pada pukul 17.09 Wita, petugas SAR Kupang bergerak ke lokasi untuk melaksanakan operasi penyelamatan.

Sekitar pukul 17.15 Wita, petugas SAR tiba di lokasi dan menyelamatkan sembilan orang. Mereka lalu dievakuasi ke Pelabuhan Navigasi Kupang.

Sedangkan, 11 orang dievakuasi oleh para nelayan setempat ke Pelabuhan TPI Oeba dalam keadaan selamat.

Sementara itu, 16 orang berhasil dievakuasi oleh nelayan dalam keadaan selamat menuju ke Pulau Kera.

"Semua penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat dan sudah diserahkan ke pihak keluarga," kata Putu.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/11/082327278/cuaca-buruk-kapal-kayu-pengangkut-36-penumpang-di-kupang-tenggelam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke