Salin Artikel

Cuaca Buruk di Pelabuhan, Kendaraan Mengular 5 Km ke Tol Tangerang Merak

CILEGON, KOMPAS.com - Antrean kendaraan yang akan keluar dari gerbang tol Merak mengular sepanjang 5 kilometer.

Antrean itu dampak dari terjadinya cuaca buruk di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten sejak Kamis (7/3/2024) hingga hari ini Sabtu (9/3/2024).

Sehingga, kendaraan menumpuk di area dalam dan luar pelabuhan karena proses bongkar muat di seluruh dermaga terkendala.

"Hal ini berdampak pada antrean di gerbang tol Merak, ekor antrian sampai dengan KM 94+200 hingga Sabtu, 9 maret pukul 10.00 WIB. Panjang antrian maju mundur 3-5 kilometer dari gerbang tol Merak," kata Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Infra Toll Road Tangerang Merak Uswatun Hasanah kepada Kompas.com, Sabtu.

Dikatakan Uswatun, pengelola tol juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipsi kepadatan di gerbang tol Cilegon Barat dan Cilegon Timur.

Uswatun menambahkan, pengelola juga telah mengirimkan air mineral dan toilet portable agar dapat dimanfaatkan pengguna jalan yang trjebak dalam antrian menuju pelabuhan.

Untuk itu, Uswatun meminta bagi para pengguna jalan yang akan mengarah ke Pelabuhan Merak agar dapat menunggu di rest area 43 A dan 68 A selama cuaca buruk.

"Kami mengimbau pengguna jalan yang akan menuju pelabuhan Merak untuk dapat menunggu di rest area terdekat, atau keluar gerbang terdekat agar terhindar dari antrean," tandas dia.

Per hari ini pukul 09.00 WIB kondisi cuaca di Pelabuhan Merak berdasarkan informasi BMKG berada di level 2-3 dengan kecepatan angin 20-25 knot/s dan ketinggian gelombang mencapai 2.5 meter. 

Kondisi cuaca itu menyebabkan sulitnya kapal bersandar untuk proses bongkar muat di seluruh dermaga yang beroperasi.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/09/114414378/cuaca-buruk-di-pelabuhan-kendaraan-mengular-5-km-ke-tol-tangerang-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke