Salin Artikel

Hasil Rapat Pleno Terbuka, Prabowo-Gibran Unggul Telak di Bangka Belitung

BANGKA, KOMPAS.com - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak di Kepulauan Bangka Belitung.

Prabowo-Gibran tercatat mengantongi 529.883 suara. Hal itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung menyelesaikan rapat pleno terbuka.

Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang meraup 204.348 suara. Selanjutnya di posisi juru kunci pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan raihan 151.109 suara.

Ketua KPU Kepulauan Bangka Belitung, Husin mengatakan, rapat pleno terbuka telah digelar selama dua hari beruntun sejak Rabu (6/3/2024) sampai Kamis (7/3/2024).

"Alhamdulillah selama dua hari dua malam rekapitulasi tingkat provinsi akhirnya selesai," kata Husin di Pangkalpinang, Jumat (8/3/2024).

Husin mengungkapkan, hasil rapat pleno bakal diteruskan pada rapat pleno tingkat KPU pusat.

"Melihat hasil rapat pleno, tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat termasuk data Sirekap KPU sendiri," ujar Husin.

Husin memastikan, proses rekapitulasi hingga rapat pleno tetap mengacu penghitungan manual secara berjenjang.

Sedangkan hasil quickcount dan Sirekap hanya sebatas informasi awal yang bersifat terbuka untuk masyarakat.

"Supaya masyarakat tidak salah paham, karena banyak yang menyoroti data Sirekap. Padahal metode yang kita pakai tetap manual berjenjang," tegas Husin.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/08/192918578/hasil-rapat-pleno-terbuka-prabowo-gibran-unggul-telak-di-bangka-belitung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke