Salin Artikel

Tinjau Tol Padang-Pekanbaru, Erick Thohir Pastikan BUMN PT HK Lanjutkan Pembangunan

Erick datang bersama anggota DPR RI asal Sumatera Barat Andre Rosiade dan manajemen PT Hutama Karya (HK) yang melaksanakan proyek strategis nasional itu.

"Proyek ini sempat mangkrak selama dua tahun. Namun, akhirnya dilanjutkan kembali. Kita ingin memastikan BUMN PT HK melanjutkannya," kata Erick kepada wartawan di lokasi pembangunan, Padang Pariaman, Rabu (6/3/2024).

Erick mengatakan proyek itu terkendala akibat pembebasan lahan dan dia berharap semuanya bisa tuntas sehingga terhubung ke Riau.

"Karena pembebasan lahan tidak selesai, angggaran yang sudah diplot sempat dipindahkan. Begitu juga dengan PT HK yang sudah sempat memindahkan posko dan pekerjanya ke lokasi lain," jelas Erick.

Menurut Erick, peranan Andre Rosiade dalam kelanjutan proyek tol itu cukup besar.

Erick memuji perjuangan Andre yang sampai bertemu dirinya, Menteri PUPR dan sejumlah BUMN yang terlibat seperti HK.

Bahkan memperjuangkan kembali anggaran di DPR sehingga pembangunan bisa dilanjutkan.

“Sumbar beruntung punya Andre Rosiade yang begitu keras berjuang untuk tol Padang-Sicincin ini, kalau tak ada Andre mungkin anggaran sudah pindah, pekerja yang sudah pergi ini belum tentu akan kembali. Akhirnya, anggaran disiapkan dan sekarang pembangunan kembali bisa dilanjutkan,” kata Erick Thohir.

Erick meminta kepada Pemda Sumbar untuk terus memastikan pembebasan lahan agar pengerjaan tol bisa terus berjalan.

"Jangan sampai nanti dihentikan kembali karena tidak tersedianya lahan yang akan dibangun. Kami melihat kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kunci pembangunan," kata Erick.


Sementara Andre Rosiade berterima kasih kepada Erick Thohir yang kembali melihat langsung pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin.

Dia berharap pembangunan terus dilanjutkan agar masyarakat Sumatera Barat juga bisa menikmati jalan istimewa itu.

“Terima kasih Pak Presiden Jokowi, Pak Menteri PUPR dan Pak Menteri BUMN Erick Thohir yang telah membantu pembangunan ini. Kita semua berharap ini bisa terus dilanjutkan pengerjaannya,” kata Andre.

Andre mengakui, saat mangkrak dua tahun, banyak tokoh dan masyarakat Sumbar yang menghubunginya meminta agar membantu keberlanjutan proyek Tol Padang-Sicincin.

“Alhamdulillah, berkat bantuan pemerintah pusat, pembangunan bisa dilanjutkan. Kita berharap Tol Sumbar-Riau atau Padang-Pekanbaru ini benar-benar bisa tersambung. Karena di Riau sudah dekat ke batas Sumbar di Limapuluh Kota,” kata Andre.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/06/184240178/tinjau-tol-padang-pekanbaru-erick-thohir-pastikan-bumn-pt-hk-lanjutkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke