Salin Artikel

Warga Sedih Hiasan Kubah Masjid dari Emas 2,6 Kg Hilang Dicuri, Hasil Patungan Penambang

KOMPAS.com - Kasus pencurian hiasan kubah berlafaz Allah yang dilapisi emas seberat 2,6 kilogram di Kabupaten Buru, Maluku membuat warga sedih.

Hal ini karena kubah yang dipasang di Masjid Al Huda Desa Kayeli ini merupakan hasil patungan sukarela warga dan penambang di Gunung Botak.

Kepala Desa (Raja) Kayeli, Kabupaten Buru, Maluku, Fandi Ashari Wael mengatakan, emas 2,6 kilogram itu senilai Rp 3 Miliar berasal dari patungan yang dibuat untuk hiasan kubah masjid.

"Jadi dulu awalnya tahun 2013-2014 itu semua masyarakat dan penambang yang ada di Gunung Botak itu kumpul emas," kata Fandi kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Selasa (5/3/2024).

Setelah emas terkumpul, kata Fandi, panitia dan warga kemudian mendatangkan perajin emas ke desa tersebut untuk membuat hiasan berbentuk lafaz Allah yang kemudian dipasang di atas kubah masjid tersebut.

"Itu perajin emas didatangkan ke Kayeli lalu dibikin di Kayeli," sebutnya.

Ia mengaku kejadian hilangnya hiasan kubah emas itu sangat mengejutkan warga lantaran logam mulia itu telah menjadi kebanggaan bagi warga desa setempat.

"Kami semua sangat terkejut dan merasa sedih sekali," katanya.

Adapun kasus tersebut telah dilaporkan ke polisi untuk diusut.

Fandi berharap pelaku pencurian bisa mengembalikan hiasan kuba emas yang dicuri tersbut.

Ia juga berharap polisi bisa segera mengungkap kasus itu dan menangkap pelaku pencurian yang telah meresahkan warga tersebut.

Seperti diketahui, hiasan kubah masjid Al Hudah di Desa Kayeli Kabupaten Buru hilang dicuri, Senin (4/3/2023) dini hari.

Hiasan kubah masjid yang hilang itu terbuat dari emas seberat 2,6 kg. Hilangnya hiasan kubah masjid tersebut membuat heboh warga di Kabupaten Buru.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/06/151411378/warga-sedih-hiasan-kubah-masjid-dari-emas-26-kg-hilang-dicuri-hasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke