Salin Artikel

Cerita Keyko Kampanye Sambil Garap Skripsi, Caleg DPRD Kebumen Termuda Berusia 22 Tahun

KEBUMEN, KOMPAS.com - Gelaran pesta demokrasi 5 tahunan telah dilaksanakan 14 Februari yang lalu.

Rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif (pileg) 2024 juga telah rampung di tingkat Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Nama-nama baru pun bermunculan sebagai kuda hitam mengisi kursi DPRD Kebumen. Salah satunya masih berusia 22 tahun, termuda menjadi anggota dewan.

Dia adalah Keyko Hessi Miss'idah (22), calon anggota legislatif (caleg) dari Partai PKB.

Keyko, sapaan akrabnya, hampir dipastikan melenggang usai memperoleh 6.621 suara di (daerah pemilihan) dapil Kebumen 1 yang meliputi Kecamatan Kebumen dan Kecamatan Buluspesantren.

Di mana di dapil tersebut, PKB hanya mendapat satu kursi. Dengan memperoleh suara hampir 7.000 tersebut Keyko menjadi yang terbanyak dari partai PKB.

Wanita kelahiran 11 November 2021 itu mengatakan awalnya dirinya juga tidak menyangka bisa mengungguli perolehan suara caleg PKB lain di dapilnya.

"Awalnya ya nggak nyangka mas, tapi sudah diniati sudah berusaha, Alhamdulillah semoga bisa mengemban amanah ini dengan baik," kata Keyko pada Rabu (6/3/2024).

Putri ketiga dari pasangan Sutarwiyono dan Diwud ini baru saja menyelesaikan kuliahnya di Universitas Diponegoro Semarang. Keyko diwisuda pada bulan Oktober 2023 lalu sebagai Sarjana Bahasa Asing Terapan.

"Tadinya Setelah lulus niatnya udah mau ke Jepang karena udah ada tawaran kerja di sana, tapi pihak keluarga gak kasih izin. Saat itu ada penjaringan untuk caleg PKB ya udah saya ikut dan urus semuanya sendiri," jelas Keyko.

Keyko menceritakan, orang tuanyapun sontak kaget saat mendengar putri bungsunya itu meminta restu maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Kebumen. Pasalnya tidak ada background politik di keluarganya tersebut.

Sang ayah merupakan pensiunan polisi sedangkan ibunya pedagang baju. Namun dirinya meyakinkan keluarganya bahwa dirinya terjun ke politik untuk membantu orang banyak.

Keyko selama ini membantu ibunya berjualan pakaian di toko milik ibunya yang berada di sekitaran Jalan Soekarno-Hatta Kebumen. Dari situlah ia sering bertemu banyak orang dengan berbagai macam cerita dan latar belakang yang berbeda setiap harinya.

"Saat di toko sering ada yang, ada yang sebagai gur ngaji cuma dapet Rp 150.000 per bulan, nah saya pengin bantu mereka. Lewat jalur PKB ini lah saya berpikiran ini sejalan dengan program yang ada, semoga bisa membantu pesntren, TPQ, dan guru ngaji," ucapnya.

Perjalanannya selama ikut serta dalam kontestasi Pemilu serentak 2024 itu pun tidak mudah. Pasalnya saat itu dirinya masih harus bolak-balik Kebumen-Semarang untuk menyelesaikan tugas skripsinya.

Keyko juga mengaku mengurus segala macam persyaratan dan pendaftaranya seorang sendiri.

"Saat Kampnye sih pling berkesan, riwehnya itu loh. Pagi menghadiri undangan maulid nabi, siang acara arisan, sore ke Semarang paginya bimbingan skripsi, siang pulang malam lanjut pertmuan. Mungkin fisiknya kaget jadi sempet drop dan masuk rumah sakit karena kecapean," terangnya.

Saat ditanya siapa sosok yang berpengaruh, dirinya menyebut sang ibu lah yang selama ini mendampingi setiap kali berkunjung untuk kampanye dan mengenalkannya ke relasi-relasi ibunya. Sang ibu juga terus memberikan motivasi dan dorongan semangat begitu tau dirinya memilih jalan untuk berkarir di politik.

"Tentu ibu, relasi ibu juga kan banyak banget, ibu juga yang mendampingi di setiap kunjungan atau kampanye," tuturnya.

Usai mengetahui dirinya masuk jajaran anggota dewan, ucapan selamat pun berdatangan dari berbagai pihak tak terkecuali dari keluarga , teman maupun dosen kuliahnya.

Meski berhasil melenggang menjadi salah satu anggota dewan dari 11 caleg PKB yang bakal menempati kursi DPRD Kebumen nanti. Dirinya pun menjaga diri untuk tetap bisa rendah hati dan bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita dan visi misinya saat awal dirinya ingin menjadi anggota dewan.

"Percaya diri kerja keras dan yakin kita bisa, itu salah satu modalnya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/06/132342478/cerita-keyko-kampanye-sambil-garap-skripsi-caleg-dprd-kebumen-termuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke