Salin Artikel

535 Rumah Warga Terdampak Banjir di Bima

Rumah warga yang terdampak tersebar di Desa Karumbu, Kecamatan Langgudu dan Desa Kananga, Kecamatan Tambora.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir yang terjadi pada Minggu (3/3/2024) sore hingga malam itu, namun areal pertanian terendam dan tanggul sungai jebol.

"Luapan banjir saat ini sudah surut dan warga mulai membersihkan lumpur di rumah masing-masing," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bima, M Nurul Huda saat dikonfirmasi, Selasa (5/3/2024).

Nurul Huda mengatakan, hujan yang disertai angin kencang mengguyur dua wilayah ini sejak Minggu (3/3/2024) siang.

Karena berlangsung hingga malam hari, aliran sungai meluap hingga merendam permukiman warga dan areal pertanian.

Di Desa Karumbu, Kecamatan Langgudu, banjir merendam 209 rumah yang tersebar di Dusun Oi Balu 135 KK, Dusun Kananga 31 KK, Dusun Ntau 12 KK, Dusun Oi Lanco 17 KK dan Dusun Mangge Maci 21 KK.

"Selain itu banjir kemarin membuat beronjong rusak dan lahan pertanian warga terendam," ujarnya.

Sementara di Desa Kananga, Kecamatan Tambora, sebanyak 326 rumah warga yang terdampak tersebar di Dusun Nanga Nae 112 unit, Dusun Mada Oi 103 unit dan Dusun Sarae 111 unit.

Selain itu, ada dua hektar lahan pertanian yang ikut teredam akibat banjir bandang tersebut. "Ketinggian air sekitar 30 sampai 50 sentimeter di tiga dusun ini," ungkapnya.

Nurul Huda menyampaikan, BPBD sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk upaya tanggap darurat di dua wilayah itu dengan menyalurkan bantuan logistik dan peralatan yang dibutuhkan.

Di samping itu memberi imbauan kepada warga setempat agar tetap mewaspadai ancaman bencana alam banjir dan tanah longsor ditengah curah hujan ekstrem saat ini.

"Masyarakat kami imbau untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem ini, karena berpotensi terjadi banjir bandang dan puting beliung," kata Nurul Huda.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/05/101950578/535-rumah-warga-terdampak-banjir-di-bima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke