Salin Artikel

Satu Keluarga Tertimbun Longsor di Sragen, Bapak Ditemukan Tewas Lindungi Anaknya

SOLO, KOMPAS.com - Sekeluarga tertimbun tanah longsor di Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng).

Peristiwa longsor terjadi pada Minggu (3/3/2024) sekitar pukul 18.00 WIB, kemudian pencarian korban dilakukan hingga Senin (4/3/2024).

Identitas korban tertimbun yakni Wagiman (66); istri Wagiman, bernama Sutarmi (63); anak Wagiman, Darmadi (39); dan cucu Wagiman, Nasa (6).

Wagiman berhasil selamat. Namun tiga anggota keluarganya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Tim Gabungan pertama kali menemukan Sutarmi pada Minggu (3/4/2024) malam.

Kemudian petugas gabungan menemukan mayat Darmadi dan anaknya di kamar mandi, dalam kondisi Darmadi melindungi anaknya.

Koordinator pencarian dan pertolongan lapangan Basarnas, Tri Puji Sugiarto mengatakan, pencarian Darmadi dan anaknya dilakukan pada hari ini dan berlangsung selama lima jam.

"Penemuan dalam proses pencarian ini sangat dramatis sekali. Jadi posisi kedua korban atas nama Darmadi dan Nasa, (Darmadi) melindungi anaknya," kata Tri pada Senin (4/3/2024).

"Anaknya berada di bawah Pak Darmadi. Dua-duanya ditemukan di dalam satu titik di satu masih di area kamar mandi, sesuai prediksi," jelasnya.

Korban ditemukan di kedalaman 3 meter dari titik atas. Evakuasi korban berhasil dilaksanakan oleh Tim Gabungan Pencarian pukul 10.34 WIB

"Posisinya (korban) sebenarnya sudah terlindung almari. Saat kita buka, ternyata di situ ada kulit kepala bapaknya. Otomatis teman-teman pasti mencurigai di situ (keberadaan korban), kita gali lagi kedalaman 3 meter baru kita temukan dua survivor," paparnya.

Evakuasi ini melibatkan tim gabungan yang berjumlah sekitar 250 orang. 

Tri mengatakan, area aman di tempat kejadian perkara (TKP) sangat terbatas sehingga harus dilakukan steril area.

"Jadi kami sangat mohon maaf. Kami dari semua elemen yang bersinergi itu mengimbau kepada warga agar menjauh tempat-tempat yang berbahaya, tujuan kami untuk tidak menambah korban lagi," tegasnya.

Setelah evakuasi, korban langsung dibawa ke rumah duka untuk dilaksanakan pemeriksaan luar dari Tim Inafis dan Puskesmas Sidoarjo.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/04/150620078/satu-keluarga-tertimbun-longsor-di-sragen-bapak-ditemukan-tewas-lindungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke